Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ras Anjing yang Mirip Labrador Retriever, Apa Saja?

Kompas.com - 01/09/2022, 20:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pet Keen

JAKARTA, KOMPAS.comLabrador retriever adalah anjing asal Newfoundland, Kanada, yang terkenal sebagai pencinta air, bahkan perenang andal.

Hal ini didukung bentuk fisik anjing Labrador retriever yang mendukung seperti ekor tebal, kaki berselaput, serta bulunya yang tebal dan tahan air.

Baca juga: Benarkah Semua Anjing Secara Alami Bisa Berenang?

Selain pandai berenang, faktor lain yang membuat Labrador retriever disenangi pencinta anjing adalah wajahnya yang menggemaskan karena terlihat seperti selalu tersenyum.

Dikutip dari Pet Keen, Kamis (1/9/2022), ternyata ada beberapa ras anjing yang mirip  Labrador retriever selain Golden retriever. Apa saja?

Bassador

Ilustrasi anjing Bernese Mountain Dog.UNSPLASH / Alexandra Lau Ilustrasi anjing Bernese Mountain Dog.

Ras anjing pertama yang mirip dengan Labrador retriever adalah Bassador. Mereka merupakan hasil persilangan dari Labrador dan Basset Hound.

Anjing Bassador. senang dikelilingi orang-orang, sangat berenergik, dan suka makan. Meski tampilannya mirip Labrador, anjing Bassodor memiliki tubuh lebih pendek.

Baca juga: 6 Fakta Unik Anjing Labrador Retriever yang Lincah dan Serbaguna

Bernese mountain dog

Jika ingin anjing pekerja keras, tetapi memiliki temperamen seperti Labrador retriever, Bernese mountain dog adalah pilihan tepat. Anjing ini bersifat manis, santai, dan suka disayang.

Meski pekerja keras, Bernese mountain dog tidak selalu sangat aktif. Jadi, mereka kurang cocok untuk pemilik yang aktif. Terlepas dari ukurannya, anjing Bernese mountain dog sangat lembut pada anak-anak.

Chesapeake bay retriever

Ilustrasi ras anjing Chesapeake Bay Retriever. SHUTTERSTOCK/RICANTIMAGES Ilustrasi ras anjing Chesapeake Bay Retriever.

Chesapeake bay retriever adalah anjing yang tangguh untuk berburu dan mengambil sesuatu, tetapi sangat penyayang serta protektif perihal manusia. 

Mereka juga berhati-hati dengan anak-anak, sangat percaya diri, dan mandiri. Dahulu, Chesapeake bay retriever dibiakkan sebagai anjing pemburu. Jadi, ras anjing ini memiliki energi yang sama banyaknya dengan Labrador retriever.

Baca juga: 5 Fakta Unik Anjing Corgi yang Jadi Kesayangan Ratu Elizabeth

Corgidor

Corgidor adalah hasil persilangan dari Welsh corgi dan Labrador retriever. Jadi, mereka memiliki sifat dari dua ras anjing tersebut. Corgidor adalah anjing cerdas seperti Labrador dan protektif seperti Corgi.

Untuk ukuran sendiri cukup beragam meski Corgidor cenderung berukuran medium. Mereka menyayangi pemiliknya dan cocok dipelihara keluarga.

Akan tetapi, sahabat bulu ini lebih cocok dipelihara di rumah alih-alih apartemen karena mereka berenergik. 

Great pyrenees

Ilustrasi anjing Great pyrenees. PIXABAY/jathomas Ilustrasi anjing Great pyrenees.
Great pyrenees adalah kembaran anjing Labrador retriever yang berukuran besar. Great pyrenees adalah raksasa lembut yang tenang, tetapi mudah beraksi saat mendeteksi ancaman.

Baca juga: Mengenal Anjing Doberman, dari Sejarah, Kepribadian, hingga Perawatan

Curly-coated retriever

Satu hal yang membedakan Curly-coated retriever dengan Labrador retriever adalah bulunya yang keriting dan memerlukan perawatan ekstra.

Meski tubuhnya sedikit lebih besar, Curly-coated retriever mmepunyai sifat cerdas, lembut,  penyayang, serta siap diajak ke mana saja oleh pemiliknya. 

Curly-coated retriever termasuk anjing pencinta air. Jika memiliki kolam renang atau tinggal di dekat danau, kamu mungkin akan menghabiskan banyak waktu di sana bersama Curly-cotaed retriever.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com