Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Anjing Golden Retriever Beserta Perbedaan dan Sejarahnya

Kompas.com - 14/08/2022, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Golden retriever adalah ras anjing sedang yang dikenal aktif, menyenangkan, cerdas, penyayang, setia, dan memiliki bulu yang tebal berwarna emas sesuai dengan namanya.

Retriever juga mudah akrab dengan siapa pun, baik orang dewasa maupun anak-anak, mudah dilatih, dan memiliki tingkat energi sangat tinggi sehingga membutuhkan aktivitas serta latihan setiap hari. 

Baca juga: 6 Jenis Anjing Retriever, Tidak Hanya Golden Retriever

Anjing Golden retriever senang menghabiskan waktu beraktivitas di luar ruangan. Kegiatan favorit anjing asal Skontlandia ini adalah berenang, lempar tangkap sesuatu, serta berburu. 

Karena itu, bila ingin memelihara anjing Golden retriever, pastikan rumah memiliki ruang luar atau halaman yang luas. 

Dalam artikel sebelumnya, dijelaskan bahwa anjing Golden retriever memiliki warna bulu yang beragam, dari cream, coklat tua, hingga merah.

Selain warna bulu, anjing Golden retriever memiliki jenis dan berasal dari wilayah yang berbeda. Setidaknya, ada tiga jenis anjing Golden retriever dengan perbedaan masing-masing dilansir dari Loyal Goldens, Minggu (14/8/2022), berikut ini.  

Baca juga: Anjing Golden Retriever dan Labrador Retriever, Apa Bedanya?

American Golden retriever

Ilustrasi anjing Golden retriever.Shutterstock/Burin P Ilustrasi anjing Golden retriever.
American Golden retriever adalah salah satu pilihan paling populer untuk anjing peliharaan keluarga. American Golden retriever ini memiliki beberapa perbedaan kecil dengan jenis anjing Golden retriever lainnya.

Pertama, American retriever memiliki ukuran lebih kecil dan tubuh lebih kurus dengan penumpukan otot yang kurang menonjol.

Selain itu, American retriever memiliki gaya berjalan yang berbeda, dengan gerakan bebas, halus, dan terkoordinasi dengan baik.

Ditambah, jenis Golden ini memiliki bentuk mata yang berbeda, yakni segitiga atau sipit. Dalam hal warna, American retriever umumnya memiliki warna bulu lebih gelap. Bahkan warna emas muda khas Golden retriever menjadi nada lebih gelap daripada lainnya.  

Baca juga: 5 Warna Bulu Golden Retriever, dari Cream hingga Merah

English Golden retriever

Ilustrasi anjing Golden retriever.Unsplash/richardworks Ilustrasi anjing Golden retriever.
Jenis anjing Golden retriever satu ini berasal dari Skotlandia dan sangat populer di Eropa. Anjing ini juga disebut sebagai English Cream Golden retriever atau British Golden retriever.

Ada sedikit perbedaan fisik antara jenis anjing English Retriever dan American retriever. Untuk menentukan apakah Englis Golden retriever Inggris atau American, Anda harus memeriksa tiga area spesifik. 

English retriever memiliki tubuh lebih kekar, tengkorak kepala lebih lebar dengan moncong lebar dan telinga lebih menonjol daripada American retriever. Warna bulu anjing Golden retriever asal Inggris biasanya lebih terang.

Banyak English retriever memiliki bulu berwarna krem dengan warna putih pudar yang sangat terang. Namun, untuk warna bulu emas, English retriver lebih terang dibanding jenis Golden retriever lainnya.

Perbedaan terakhir, English retriever memiliki mata lebih bulat dan warna mata lebih gelap. 

Baca juga: Ingin Memelihara Anjing Golden Retriever? Ketahui 5 Hal Ini Dulu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com