Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Fakta Menarik Wolfdog, Hasil Persilangan Anjing dan Serigala

Kompas.com - 31/10/2022, 21:00 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap anjing memiliki tampilan unik. Beberapa anjing ada yang mirip dengan serigala seperti Siberian husky dan Wolfdog.

Namun, Wolfdag dianggap lebih mirip serigala dibanding Siberian husky. Wolfdog memiliki tampilan mirip serigala karena merupakan hasil persilangan antara anjing (Canis lupus familiaris) dan serigala (Canis lupus). 

Untuk mengenal lebih jauh, berikut sejumlah fakta menarik Wolfdog dilansir dari International Wolf Center, Senin (31/10/2022).

Baca juga: 6 Ras Anjing yang Mirip Serigala

Hasil kawin silang antara anjing dan serigala

Ilustrasi anjing Wolfdog.SHUTTERSTOCK / gloverk Ilustrasi anjing Wolfdog.

Dilansir dari PetSide, Wolfdog adalah anjing dengan darah 50 persen serigala dan 50 persen anjing domestik. Namun, definisinya bisa menjadi sedikit lebih rumit jika mempertimbangkan nenek moyang serigala.

Sebab, serigala yang digunakan dalam perkawinan silang harus keturunan langsung dari 100 persen serigala dalam lima generasi terakhir. 

Baik serigala maupun anjing peliharaan sama-sama interfertile, yakni mampu dikawinsilangkan seperti dikutip dari Merriam Webster.

Akan tetapi, keduanya tidak bisa berinteraksi secara alami di alam liar. Ribuan tahun domestikasi telah membuat anjing lebih jinak dan kurang agresif dibanding serigala.

Baca juga: Kerap Dikira Sama, Ini Perbedaan Siberian Husky dan Serigala

Kehadirannya kontroversial

Ada perdebatan tentang Wolfdogs lantaran anjing ini tergolong kontroversial. Pertanyaan utama yang kerap muncul adalah apakah bisa menjadi hewan peliharaan yang baik? 

Sayangnya, sangat sulit memprediksi berapa banyak “serigala” dan “anjing” yang terdapat dalam Wolfdog. Hampir setiap orang cukup memahami anjing dan perilaku dasarnya, tetapi tidak dengan perilaku serigala liar.

Bagi orang-orang yang sangat sabar dan gigih, Wolfdog mungkin menjadi tantangan luar biasa. Namun, bagi rata-rata pemilik hewan peliharaan, memelihara Wolfdog mungkin tidak sebanding dengan kesabaran, usaha, dan waktu

Baca juga: 6 Alasan Anjing Melolong Seperti Serigala

Harus makan daging mentah

Ilustrasi anjing Wolfdog.SHUTTERSTOCK / VIncenzo Bracciale Ilustrasi anjing Wolfdog.

Selanjutnya, fakta menarik Wolfdog adalah harus makan daging mentah. Berbeda dengan ras anjing pada umumnya, Wolfdog hanya menyukai daging mentah dari hewan utuh seperti kelinci, ayam, dan hewan lainnya. 

Jika itu tidak memungkinkan, beri Wolfdog setidaknya satu kilogramdaging mentah setiap hari.

Gemar menjilat gigi

Di alam liar, serigala menunjukkan apresiasi dan kasih sayang satu sama lain dengan saling menjilati gigi sebagai tanda pengakuan menjadi anggota kawanan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com