Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Warna Cat yang Dapat Mempengaruhi Kualitas Tidur

Kompas.com - 14/10/2022, 18:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang, salah satunya warna cat dinding. Memilih warna cat yang kurang tepat dapat membuat sulit tidur. 

Dekorator rumah selebriti, Shani Moran, mengatakan setiap warna yang dipilih dapat mengatur suasana yang berbeda-beda di kamar tidur dan tidak semua warna nyaman digunakan untuk beristirahat.

Baca juga: Cara Membuat Kamar Tidur Menjadi Ruangan yang Sehat

“Jika ingin kamar tidur lebih menenangkan, pertimbangkan warna netral, rona biru terang, dan emas,” katanya dilansir Best Life Online, Jumat (14/10/2022).

Sementara itu, rona warna dramatis seperti merah pekat, coklat tua, dan hijau zaitun cenderung tidak membuat orang-orang merasa segar ketika bangun tidur.

Selain itu, rona warna yang terlalu cerah perlu dihindari karena berpotensi mengganggu waktu tidur dan meningkatkan aktivitas alih-alih memberikan relaksasi.

Baca juga: Plus Minus Meletakkan Tanaman di Kamar Tidur, Sudah Tahu?

Survei tentang warna kamar tidur

Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel. Shutterstock/onzon Ilustrasi kamar tidur modern chic, ilustrasi kamar tidur dengan warna hijau pastel.
Sebuah survei dari Travelodge yang dilakukan pada 2013 terhadap 2.000 rumah di Inggris menemukan bahwa orang-orang dengan warna cat kamar tidur yang lebih gelap atau lebih intens mengalami kurang tidur.

Sementara itu, orang-orang dengan warna cat dinding yang tidak terlalu dramatis mendapatkan cukup tidur.

Baca juga: 6 Warna Terbaik untuk Kamar Tidur, Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Di kamar tidur dengan dinding abu-abu, setiap individu tidur selama rata-rata enam jam 12 menit per malam. Sementara kamar tidur dengan dinding berwarna coklat, setiap individu tidur selama rata-rata enam jam lima menit.

Senada dengan Moran, survei yang sama juga mengungkapkan bahwa kamar tidur biru paling kondusif untuk tidur.

Para penghuni mendapatkan waktu tidur rata-rata tujuh jam 52 menit per malam, sementara kamar tidur kuning mendapatkan waktu tidur rata-rata tujuh jam 40 menit.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Mempercantik Kamar Tidur 

Rona warna gelap bisa dihadirkan, tetapi...

Moran mengatakan rona warna gelap atau dramatis tidak perlu dihilangkan sepenuhnya dari kamar tidur, terutama jika kamu harus menggunakannya.

Namun, ia menyarankan menghindari menggunakan warna di seluruh ruangan. Sebaiknya, pilih dinding aksen atau mengecat trim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com