Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Finishing untuk Kamar Tidur Ramah Anak

Kompas.com - 23/09/2022, 18:27 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap anak memiliki hobinya tersendiri, entah itu memainkan balok atau mobil-mobilan, membaca buku, bermain boneka, hingga bermain bola.

Beragam aktivitas tersebut tidak hanya menyenangkan, tapi juga membantu menstimulasi otak anak-anak agar tumbuh aktif dan cerdas.

Baca juga: 4 Cara Menciptakan Kamar Tidur Ramah Anak yang Aman dan Nyaman

Namun, ada satu hobi yang mungkin kurang disukai beberapa orang tua, yakni menggambar. Kegiatan ini mampu membantu anak mengasah sisi kreativitasnya, tapi mengotori rumah karena anak bisa menggambar pada lantai, sofa, bahkan dinding.

Untuk itu, perlu memilih finishing cat yang tepat, khususnya di kamar tidur anak agar coretan  mudah dibersihkan. 

“Kalau ini sih harus rela dinding dicoret-coret, jangan batasi kreativitas anak. Pengalaman saya, anak umur setahun senang gambar. Saya kasih satu dinding khusus,” kata desainer interior Joke Ross di The Colours of Indonesia (TCOI), mal Senayan City, Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: 3 Jenis Material Karpet Kamar Tidur Anak yang Tahan Lama

Menurutnya, sebuah dinding khusus yang bisa digunakan anak-anak untuk mewarnai di kamar tidurnya dapat membantu membersihkannya.

Apabila dinding sudah terlalu kotor atau penuh gambar, orang tua bisa mengecatnya kembali agar dinding bisa diwarnai kembali oleh anak-anak. 

“Mau itu finishing matte, gloss, atau semi-gloss, kalau anak mau coret-coret, ya coret aja. Finishing apa pun enggak masalah, tapi juga bisa cari yang mudah dibersihkan. Ada beberapa merek yang menjual cat washable,” terang Joke. 

Baca juga: 7 Ide Mendesain Kamar Tidur Anak dengan Biaya Minim

Jenis finishing untuk kamar tidur ramah anak

Ilustrasi kamar tidur anak dengan warna cat ungu.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi kamar tidur anak dengan warna cat ungu.

Disadur dari Wall a Painting, Jumat (23/9/2022), dinding di kamar tidur cenderung kotor, baik noda krayon maupu makanan.

Ada beberapa jenis finishing cat yang dapat mencegahnya, yakni satin atau eggshell untuk dinding dan semi-gloss untuk trim dinding.

Ketiga finishing ini membuat dinding lebih mudah dibersihkan sehingga tidak perlu rutin mengecat ulang dinding.

  • Eggshell

Eggshell adalah jenis finishing cat seperti kulit telur. Tampilan dinding tidak akan terlihat matte, tetapi juga tida berkilau. 

Mereka dapat digunakan pada sebagian besar dinding, termasuk kamar tidur anak, dan lebih tahan terhadap pembersihan daripada finishing flat atau matte.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Kamar Tidur Anak

  • Satin

Ilustrasi kamar tidur anak, ilustrasi karpet di kamar tidur anak. SHUTTERSTOCK / bezikus Ilustrasi kamar tidur anak, ilustrasi karpet di kamar tidur anak.

Finishing satin memberi kesan halus dengan sedikit kilau dan lebih sering digunakan sebagai cat untuk jendela, pintu, atau trim, tetapi juga bisa untuk dinding kamar tidur ramah anak.

Sebab, finishing satin dirancang tahan terhadap pembersihan dan gosokan ringan. Jadi, kamu bisa langsung membersihkan dinding usai dicoret anak-anak.

Baca juga: Ketahui Kriteria Kamar Tidur Anak yang Sehat 

  • Semi-gloss

Finishing jenis semi-gloss bisa diterapkan pada trim maupun dinding. Mereka tidak memberi kesan mengkilau yang halus dan membuat ruangan tampak terlalu mewah.

Meski demikian, finishing semi-gloss mampu bertahan di ruangan lembap serta mudah dibersihkan sehingga cocok diterapkan di kamar tidur anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com