Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Memilih Warna Plafon untuk Ruangan

Kompas.com - 14/10/2022, 18:00 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Langit-langit atau plafon mewakili seperenam dari ruang di sebuah ruangan, tapi hampir tidak menerima lebih dari lapisan cat putih.

Meski putih cerah dianggap sebagai pilihan paling aman untuk warna plafon, itu bukan satu-satunya pilihan. Pasalnya, ada banyak warna cat yang dapat digunakan untuk plafon. 

Baca juga: 5 Tips Feng Shui Plafon Rumah, Jangan Gantung Lampu Berat

Namun, sebelum memilih warna plafon, pertimbangkan warna yang paling sesuai dengan arsitektur, dinding, trim, dan perabotan rumah.

Untuk membantu menentukan pilihan tepat, berikut cara memilih warna plafon dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (14/10/2022).  

Cara memilih warna plafon

Ilustrasi plafon, Ilustrasi mengecat plafon.Shutterstock/Dmitry Galaganov Ilustrasi plafon, Ilustrasi mengecat plafon.
Sebagai aturan umum, plafon berwarna lebih terang daripada dinding dapat membuat rumah terasa lebih tinggi.

Sedangkan warna lebih gelap membuat plafon terasa lebih rendah, tapi tidak berarti ruangan terasa sesak. Plafon yang diturunkan secara visual dapat membangkitkan perasaan nyaman dan intim.

Sama dengan memilih warna dinding, pertimbangkan sumber dan kekuatan cahaya yang diterima ruangan saat memilih warna plafon. 

Baca juga: Warna Cat dan Hasil Akhir yang Cocok untuk Plafon

Siang hari yang cerah dapat memantulkan cahaya dari plafon merah muda atau biru yang memerah menciptakan perasaan lapang. 

Pada malam hari, cahaya lilin dan lampu yang memantul pada plafon merah akan menghasilkan cahaya yang kaya.

Lapisan cat plafon biasanya datar, tetapi cat dengan hasil akhir eggshell atau satin dapat memberikan sedikit kilau reflektif, yang membantu mencerahkan ruangan jika menggunakan warna lebih gelap.

Jika berencana menggunakan hasil akhir yang lebih mengkilap, ingatlah bahwa plafon harus dalam kondisi hampir sempurna karena cat yang lebih berkilau dapat menarik perhatian pada permukaan yang tidak rata.  

Baca juga: 6 Cara Membuat Plafon Kamar Tidur Tampak Lebih Tinggi

Plafon putih

Ilustrasi plafon gipsum, plafon rumah gipsum. SHUTTERSTOCK/MURUGESAN SUNDARAM Ilustrasi plafon gipsum, plafon rumah gipsum.
Warna pplafon dapat mempercantik karakter ruangan, tetapi hati-hati tidak mewarnainya secara berlebihan. Untuk ruang tamu utama, jaga perawatan plafon tetap sederhana sehingga Anda tidak bosan.

Plafon putih sering kali menjadi pilihan terbaik untuk ruangan terlihat bersih dan sederhana. Namun, plafon putih cenderung menghilang sehingga membuat perhatian Anda terfokus pada dinding dan perabotan.

Plafon putih juga dapat mengimbangi warna dinding yang intens. Jika dinding terasa lebih pucat, mengecat plafon dengan warna putih dapat lebih membuka ruang. 

Baca juga: Aturan Mengecat Warna Plafon Sama dengan Dinding

Di ruangan yang menerima sedikit cahaya alami, plafon putih membantu meningkatkan pencahayaan dengan memantulkan cahaya apa pun yang tersedia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com