Kompas.com - 18/08/2022, 18:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat Anda mengecat sebuah ruangan, ada banyak keputusan yang harus dibuat, salah satunya apakah ingin mengecat plafon dengan warna yang sama dengan dinding atau tidak. 

Untuk membantu memutuskan, pakar dekorasi rumah membagikan tips untuk mengetahui pro dan kontra mengecat plafon dengan warna yang sama dengan dinding.

Dilansir dari Real Simple, Kamis (18/8/2022), berikut beberapa saran dari ahli perlu atau tidaknya mengecat plafon dengan warna yang sama dengan dinding. 

Baca juga: Tanda-tanda Plafon Gipsum Perlu Diganti atau Diperbaiki

Plafon dengan warna lebih terang = kamar lebih terang

Ilustrasi cat dinding.Shutterstock/Sebastian Duda Ilustrasi cat dinding.
Jika berharap mencerahkan ruangan, desainer interior yang berbasis di New York Amerika Serikat (AS), Mikel Welch, mengatakan menggunakan warna dan finishing yang sama pada dinding dan plafon bukan pilihan terbaik.

"Untuk meningkatkan pencahayaan di ruangan yang remang-remang, pilih warna yang lebih terang pada plafon. Sebagai aturan umum, saya akan menggunakan 20 persen lebih terang pada plafon," katanya.

Namun, jika ruangan terkena sinar matahari secara alami, Anda mungkin bisa menggunakan warna yang sama pada dinding dan plafon. 

Baca juga: 3 Warna Cat Plafon Rumah yang Harus Dihindari 

Pencocokan rona = suasana drama

Sarah Stacey, desainer interior yang berbasis di Austin, Texas, AS, mengatakan selalu suka membungkus ruangan dengan warna sama, termasuk plafon. 

"Menggunakan plafon putih dengan warna dinding yang berani hanya mengurangi getaran murung," jelasnya.

Jika takut ruangan terlihat terlalu gelap, Stacey menyarankan meminta toko cat menambahkan 50 persen warna putih ke warna cat asli yang digunakan pada dinding. 

Melinda O'Connor, desainer interior dan arsitek yang berbasis di Philadelphia, AS, menuturkan menggunakan warna cat yang sama antara dinding dan plafon dii ruangan yang lebih tradisiona bisa menjadi dramatis dan murung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.