Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Warna Cat yang Dapat Mencerahkan dan Menenangkan di Kamar Tidur

Kompas.com - 03/08/2022, 22:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com – Memilih warna cat kamar tidur merupakan salah satu cara membuat istirahat lebih mudah. Pasalnya, warna cat yang terlalu terang atau gelap dapat membuat tidur kurang nyaman.  

Jika warna cat terlalu terang, mata sulit menutup karena dapat membuat rasa kantuk hilang. Sementara warna cat kamar tidur yang terlalu gelap dapat membuat kamar terasa sesak, terutama jika berukuran kecil dan tidak berjendela.

Disadur dari Real Homes, Rabu (3/8/2022), berikut beberapa warna cat kamar tidur yang dapat membuat ruangan cerah dan menenangkan sehingga bisa istirahat dengan nyaman.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Nyamuk di Kamar Tidur

Hijau pastel atau sage

Ilustrasi kamar tidur dengan warna sage green. SHUTTERSTOCK/FOLLOWTHEFLOW Ilustrasi kamar tidur dengan warna sage green.

Hijau pastel atau sage adalah dua pilihan warna cat yang bisa dihadirkan di kamar tidur. Ini dapat membuat kamar tidur terasa tenang dan tenteram.

Kombinasikan dinding hijau pastel atau sage dengan merah muda untuk menciptakan skema warna yang unik atau dengan wallpaper bermotif daun atau bunga.

Baca juga: Memasang Kipas Angin Plafon di Kamar Tidur Tidak Baik, Kenapa?

Merah muda

Warna merah muda tidak perlu berhenti digunakan ketika beranjak dewasa. Merah muda dalam rona halus dapat membuat kamar tidur terasa cerah dan menenangkan.

Kamu dapat mengombinasikan warna ini dengan pola garis abstrak atau geometris untuk menciptakan tampilan boho.

Tambahkan karpet goni (jute rug), gorden berwarna coklat pasir, dan material tenun apa pun di tempat tidur untuk menambahkan suasana hangat.

Baca juga: Cara Menata Kamar Tidur agar Istirahat Lebih Tenang 

Warna alami

Palet warna alami dapat menambah kehangatan dan kesederhanaan ke kamar tidur. Gunakan warna cat kamar tidur berwarna krem, coklat, atau beige.

Jika memungkinkan, ubah gaya interior menjadi Nordik atau rustic untuk melengkapi warna cat. Warna-warna alami kerap hadir dalam ruangan bergaya Nordik atau rustic.

Apabila tetap ingin menggunakan warna cat putih, warna alami bisa dihadirkan melalui warna aksen seprti aksesori bertekstur dari bahan daur ulang, kayu, dan batu alam. 

Baca juga: 8 Ide Desain Kamar Tidur Anak Laki-laki yang Menarik dan Menyenangkan

Teal

Ilustrasi kamar tidur. Kamar tidur dengan warna-warna tanah seperti coklat dan oranye diyakini dapat mendorong tidur nyenyak. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur. Kamar tidur dengan warna-warna tanah seperti coklat dan oranye diyakini dapat mendorong tidur nyenyak.
Cat kamar tidur berwarna teal cocok untuk mereka yang tidak bisa memutuskan harus memilih warna biru atau hijau.

Teal, yang juga disebut aquamarine atau turquoise, menghadirkan nuansa laut di dalam kamar tidur. Selain itu, warna yang memiliki campuran biru ini dapat membuat kamu merasa santai dan memberi efek positif sehingga bisa tidur dengan tenang.

Baca juga: 5 Tempat Ular Suka Bersembunyi di Kamar Tidur

Terakota

Terakota merupakan salah satu warna cat kamar tidur yang sedang naik daun. Warna cat ini menawarkan banyak kehangatan sehingga membuat kamar tidur terasa mengundang. Warna terakota cocok untuk kamar tidur bernuansa retro vintage.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Real Homes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com