Kompas.com - 18/08/2022, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara mempertahankan kesegaran dan memperpanjang usia pisang adalah menyimpannya di dalam kulkas.

Namun, pisang tidak dapat tahan lama jika disimpan dalam kulkas. Selain pisang, ada buah lain yang juga tak tahan lama disimpan dalam kulkas seperti alpukat dan lemon. 

Baca juga: Benarkah Air Kulit Pisang Bisa Menyuburkan Tanaman?

Untungnya, ada beberapa cara membuat pisang tetap tahan lama saat disimpan dalam kulkas, salah satunya sebaiknya tidak mencapur dan meletakkannya secara berdekatan dengan buah lainnya di dalam kulkas. Mengapa demikian?

Buah penghasil etilen

ilustrasi pisang barangan. shutterstock/Nawal Karimi ilustrasi pisang barangan.

Pisang, mangga, kiwi, apel, persik, dan melon adalah beberapa buah penghasil etilen. Buah-buah ini dapat menyebabkan pembusukan dini dan meningkatkan limbah makanan, seperti dikutip LiveStrong, Kamis (18/8/2022).

Pisang adalah buah penghasil etilen dalam jumlah besar. Etilen adalah senyawa yang dapat membantu mempercepat kematangan buah atau bahan makanan.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menggunakan Kulit Pisang sebagai Pupuk Tanaman

University of Maine Extension, Amerika Serikat, menjelaskan, saat buah penghasil etilen mencapai kematangan, kadar etilen yang dihasilkan semakin meningkat.

Apel jenis McIntosh, misalnya, adalah produsen etilen utama dan matang lebih cepat daripada kebanyakan buah.

Masyarakat biasa tidak memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk mengukur tingkat etilen. Hal yang bisa dilakukan adalah memeriksa buah untuk tanda-tanda pembusukan, di antaranya mencakup bau busuk, jamur, bintik-bintik lembek, atau perubahan pada warna dan penampilan.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Magnesium Organik, Pakai Kulit Pisang dan Bayam

Jangan campur pisang dengan buah lainnya

ilustrasi pisang raja. SHUTTERSTOCK/Rifki Alfirahman ilustrasi pisang raja.

Halaman:
Sumber Livestrong


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.