Kompas.com - 19/05/2022, 19:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu cara menjaga suhu rumah tetap stabil adalah memasang insulasi pada bangunan.

Insulasi berfungsi membuat rumah atau ruangan tidak terlalu panas saat musim panas serta tidak terlalu dingin saat cuaca dingin.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Rumah Tetap Hangat Selama Cuaca Dingin

Dengan demikian, insulasi dapat membantu menghemat penggunaan listrik lantaran tidak perlu menyalakan AC sepanjang hari selama musim panas.

Disadur dari Home Logic, Kamis (19/5/2022), insulasi dapat dipasang pada atap, plafon, lantai, bahkan dinding rumah.

Namun, tidak semua orang menyiapkan dana yang cukup untuk menginsulasi seluruh permukaan rumah. Salah satu cara menghemat bujet adalah menginsulasi salah satu bagian rumah.

Jika diberi pilihan antara atap dan plafon, mana yang perlu diinsulasi terlebih dulu untuk menjaga suhu rumah tetap stabil? 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan Pemeliharaan Rumah yang Sering Dilakukan

Insulasi plafon

Ilustrasi insulasi rumah.SHUTTERSTOCK / Nagy-Bagoly Arpad Ilustrasi insulasi rumah.

Menginsulasi plafon adalah cara terbaik untuk menahan panas di antara lantai rumah, mencegah kehilangan panas melalui atap, dan menjaga rumah tetap sejuk saat musim panas.

Insulasi plafon terdiri atas insulasi isian padat atau longgar. Insulasi isian padat terdiri atas insulasi selimut yang menutupi balok plafon. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Rumah Tetap Dingin Tanpa AC

Kemudian ada insulasi segmen yang mana insulasi akan dipasang di antara balok plafon. Sementara itu, insulasi isian longgar akan disemprotkan di antara celah di balok plafon.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.