Kompas.com - 18/08/2022, 16:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKucing terkenal sebagai hewan peliharaan yang senang tidur di tempat-tempat yang tergolong aneh, dari kardus bekas, wastafel, hingga kotak pasirnya sendiri.

Untuk perilaku kucing tidur di kotak pasirnya, konsultan perilaku kucing bersertifikat sekaligus pemilik Caring Behaviour, Amelia Wieber, mengatakan ada sejumlah alasan di baliknya. 

Namun, perilaku ini sebaiknya tidak dianggap sebagai hal yang menggemaskan, tetapi perlu dikhawatirkan lantaran membahayakan.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kucing Tidur di Kotak Pasirnya

Kemungkinan sedang sakit atau stres

Ilustrasi kucing buang kotoran di kotak pasir, Ilustrasi kotak pasir kucing. Shutterstock/Axel Bueckert Ilustrasi kucing buang kotoran di kotak pasir, Ilustrasi kotak pasir kucing.

Dikutip dari Daily Paws, Kamis (18/8/2022), Wieber menjelaskan, ada kemungkinan kucing tidur di kotak pasir kucing karena menganggapnya sebagai tempat yang nyaman dan aman, terutama jika baru dibersihkan.

Akan tetapi, hal ini bukan sesuatu yang normal bagi kucing untuk tidur di “kamar mandi” miliknya.

Ada beragam alasan yang menjadi penyebabnya, salah satunya masalah kesehatan.

Jika kucing tiba-tiba menjauhi tempat tidurnya dan tidur di kotak pasir, Wieber menyarankan segera mengunjungi dokter hewan.

Baca juga: 5 Tips Aman Mencegah Kucing Tidur di Pot Tanaman

Secara naluriah, kebanyakan kucing bersembunyi ketika sakit. Kucing merasa tidak enak badan dan kotak pasir hanyalah tempat persembunyian yang tersedia.

Selain itu, ada beberapa penyakit tertentu yang dapat membuat kucing lebih terikat pada kotak pasir seperti infeksi saluran kemih, sembelit, diare, dan penyumbatan kandung kemih.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Daily Paws


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.