Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Lokasi Terbaik Meletakkan Microwave di Dapur

Kompas.com - 12/10/2022, 17:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendesain dapur bisa menjadi sesuatu yang rumit karena merupakan area dengan lalu lintas tinggi di rumah.

Untuk itu, penempatan peralatan atau benda-benda di dapur perlu diperhatikan. Misalnya, ketika semua peralatan berada di sisi berlawanan, Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menggunakan peralatan tersebut secara berulang. 

Baca juga: Tanda-tanda Microwave Rusak, Beli Baru atau Diperbaiki?

Untuk itu, barang-barang seperti wastafel, kompor, dan kulkas harus diletakkan berdekatan satu sama lain karena sering digunakan. 

Namun, untuk microwave, tidak bisa ditambahkan dalam daftar ini sehingga perlu menentukan lokasi yang tepat.  

Dilansir dari House Digest, Rabu (12/10/2022), tempat yang nyaman untuk meletakkan microwave adalah di atas jangkauan sehingga memungkinkan Anda melakukan semua tugas di satu area lebih mudah, baik saat memasak maupun menyiapkan makanan.  

Baca juga: Penyebab Microwave Mengeluarkan Asap dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi microwave, meletakkan microwave di bagian atas kabinet dapurUnsplash/JOSBRA design Ilustrasi microwave, meletakkan microwave di bagian atas kabinet dapur
Anda perlu meletakkan microwave di atas kompor untuk mendapatkan estetika desain. Menempatkan kedua peralatan tersebut berdekatan satu sama lain juga memberikan kenyamanan sehingga tidak perlu terus-menerus bergerak ke arah berbeda saat menyiapkan makanan.

Dengan menempatkan microwave di atas kompor, ini memberi Anda lebih banyak ruang untuk menyiapkan makanan.

Terakhir, untuk lebih mendefinisikan estetika desain secara keseluruhan, Ohanlon Kitchens Inc, menjelaskan, pengaturan ideal untuk tata letak dapur, yakni formasi segitiga.

Dengan menata wastafel, kulkas, dan peralatan dalam formasi segitiga ini, akan menambah aliran yang lebih baik serta mengoptimalkan memasak karena mudah berpindah dari satu area ke area lain. 

Baca juga: 3 Cara Aman Mengemas Microwave Saat Pindah Rumah

Built-in

Namun, menempatkan microwave di atas jangkauan tidak selalu menjadi lokasi terbaik untuk setiap rumah tangga.

Meski membantu dapur mengalir, penempatan microwave ini membuat beberapa orang sulit menjangkaunnya, apalagi bila memasangnya terlalu tinggi, anak-anak dan orang tua sulit untuk mengaksesnya. 

Baca juga: Kami Mencoba: Ragam Cara Membersihkan Microwave, Mana yang Ampuh?

Sebagai solusi, meletakkan microwave built-in di lemari dapur bagian bawah sehingga memudahkan semua orang mengaksesnya. 

Selain itu, menghemat ruang yang berharga dan membuat dapur tetap bergaya. Sebaiknya, memilih model built-in untuk meletakkan microwave karena lemari harus disesuaikan untuk mengelilinginya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com