Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kami Mencoba: Ragam Cara Membersihkan Microwave, Mana yang Ampuh?

Kompas.com - 24/08/2022, 12:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Microwave memiliki manfaat yang sangat penting untuk menghangatkan berbagai makanan. Karena frekuensi penggunaan, microwave bisa sangat kotor dan bau.

Untuk membersihkan microwave, Anda bisa menggunakan beragam bahan yang ada di dapur, misalnya cuka, baking soda, lemon, dan sabun cuci piring. Berbagai tips dan cara membersihkan microwave dengan bahan-bahan tersebut pun beredar di website dan media sosial.

Namun demikian, apakah semua tips membersihkan microwave tersebut ampuh? Tim Homey Kompas.com X FoodPlace beberapa waktu lalu mencoba langsung beberapa tips dan cara membersihkan microwave dengan bahan-bahan yang ada di dapur tersebut.

Baca juga: 3 Cara Aman Mengemas Microwave Saat Pindah Rumah

Beberapa bahan yang ada di dapur dapat digunakan untuk membersihkan microwave, misalnya cuka, sabun cuci piring, lemon, dan baking soda. KOMPAS.com/RIZKI M FAUZAN Beberapa bahan yang ada di dapur dapat digunakan untuk membersihkan microwave, misalnya cuka, sabun cuci piring, lemon, dan baking soda.

1. Membersihkan microwave dengan lemon

Cara membersihkan microwave dengan lemon adalah isi mangkok kaca dengan tiga sampai empat gelas air panas. Kemudian, iris lemon menjadi beberapa bagian dan masukkan ke air.

Masukkan semangkuk air dan jus lemon beserta irisan lemon ke dalam microwave dan biarkan hingga air mendidih, yakni sekitar tiga hingga lima menit. 

Jika microwave tidak beruap setelah waktu tersebut, panaskan air di microwave selama satu menit lagi dan diamkan, lalu gunakan kain pembersih mikrofiber basah untuk menyekanya.

Berdasarkan eksperimen kami, cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan bau pada microwave. Untuk pembersihan, cara ini pun cukup ampuh untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan residu minyak pada bagian dalam microwave.

Baca juga: 5 Manfaat Memiliki Microwave di Dapur

Akan tetapi, untuk sisa makanan yang sudah menempel dan keras, cara ini tidak terlalu ampuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com