Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kebiasaan yang Membuat Kulkas Cepat Rusak, Apa Saja?

Kompas.com - 23/08/2022, 14:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas adalah salah satu alat elektronik yang setiap hari dipakai dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, perawatan dan pembersihan yang rutin harus dilakukan agar kulkas bisa lebih memiliki masa pakai yang panjang dan bekerja dengan baik.

Akan tetapi, dilansir Reader's Digest Canada, Selasa (23/8/2022), ada beberapa kebiasan yang membuat kulkas cepat rusak, antara lain sebagai berikut.

1. Tidak membersihkan komponen dalam kulkas

Jika saluran pembuangan es tersumbat dengan puing-puing atau beku, air yang menetes dari kumparan akan meluap melalui saluran pembuangan dan menetes ke bagian bawah kulkas.

Baca juga: Hindari Menyimpan Pisang Bersama Buah Lain di Kulkas, Ini Alasannya

Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkasFREEPIK Ilustrasi kulkas, Ilustrasi cara menyimpan keju di kulkas

Hal ini tidak hanya dapat membuat kulkas bekerja terlalu keras, sehingga membuat masa pakainya lebih pendek, tetapi juga berpotensi menyebabkan kulkas atau freezer mengeluarkan air ke seluruh lantai dapur.

2. Tidak membersihkan kulkas

Kotoran, bahan makanan, tumpahan lengket, dan kecelakaan makanan lainnya yang terlalu lama menempel di paking pintu kulkas dapat merobek atau merusak segel pintu, menyebabkan kebocoran yang memungkinkan udara dingin keluar.

Untuk menjaga kulkas dalam kondisi prima dan bekerja untuk waktu yang lama, pastikan untuk sering menyeka tepi pintu kulkas.

3. Tidak membersihkan kumparan kulkas

Menurut Family Handyman, Anda dapat menghilangkan lebih dari 70 persen panggilan servis untuk kulkas hanya dengan membersihkan kumparan kulkas setahun sekali.

Baca juga: Usir Bau, Ini Cara Membuat Pewangi untuk Kulkas dari Minyak Esensial

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com