Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2022, 22:13 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Solusi mudah dembuat dapur wangi kembali usai memasak adalah menggunakan pengharum ruangan, baik pengharum semprot maupun memakai lilin aromaterapi.

Namun, hal tersebut cukup menguras kantong untuk waktu lama karena harus rutin membelinya setiap kali habis.

Baca juga: Cara Membersihkan Filter Cooker Hood yang Berminyak

Salah satu cara efektif adalah memasang cooker hood atau penyedot udara dapur. Alat ini berfungsi menghilangkan uap, asap, dan bau sehingga membersihkan udara di dapur selama memasak. 

Namun, selain itu, memasang cooker hood di dapur memberikan banyak keuntungan. Dikutip dari Kitchin Insider, Rabu (7/6/2022), berikut keuntungan memiliki cooker hood di dapur seperti berikut ini. 

Baca juga: Catat, Ini 6 Kesalahan Merenovasi Dapur yang Harus Dihindari

Ekstraksi langsung

Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur, ilustrasi cooker hood atau penyedot asap dapur.PIXABAY/MIKE GATTORNA Ilustrasi lemari dapur, kabinet dapur, ilustrasi cooker hood atau penyedot asap dapur.
Cooker hood umumnya dipasang tepat di atas kompor sehingda dapat langsung mengekstrasi minyak, bau, asap, dan uap air yang dikeluarkan oleh makanan yang tengah diolah.

Cooker hood juga membantu mencegah partikel minyak menyebar ke sekitar dapur dan ruangan lainnya. Tentu cara ini jauh lebih efektif daripada harus membuka jendela atau menyalakan kipas angin di dapur. 

Baca juga: Ragam Manfaat Memasang Cooker Hood di Dapur

Pencahayaan khusus

Hampir semua cooker hood dilengkapi dengan beberapa lampu yang terpasang di dalamnya, entah itu lampu halogen maupun LED yang kini lebih umum.

Fitur ini bisa sangat membantu saat memasak atau menyiapkan makanan. Cahaya khusus dari atas dapat menambah penerangan dan membuat perbedaan pada dapur.

Memiliki sumber cahaya terpisah juga dapat membantu menciptakan suasana berbeda jika tidak ingin menyalakan lampu utama. 

Baca juga: 7 Ide Menghidupkan Tampilan Dapur Putih agar Tidak Monoton

Titik fokus

Ilustrasi cooker hood. SHUTTERSTOCK/PAUL VINTEN Ilustrasi cooker hood.
Beberapa orang mungkin melihat cooker hood sebaga sesuatu yang menggangu, sementara yang lainnya melihat alat ini sebagai titik fokus yang estetis.

Sebab, saat ini, cooker hood datang dengan berbagai jenis model yang menarik sehingga bisa titiko fokus yang menarik dan elemen dekoratif yang fungsional di dapur.

Baca juga: Jenis dan Tips Memilih Cooker Hood, Penyedot Asap Dapur

Desain simpel yang bekerja dengan baik

Cooker hood memiliki desain yang sederhana, tetapi bekerja dengan baik karena dirancang khusus sesuai dengan fungsinya.

Selain itu, cooker hood memiliki filter lemak khusus, yang mana tingkat ekstraksinya lebih kuat dan teknik ekstraksinya lebih baik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com