Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Mengganti Lantai Rumah

Kompas.com - 08/06/2022, 15:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perubahan pada rumah perlu dilakukan sesekali, terutama bila hunian telah lama ditinggali. 

Perubahan ini bisa terjadi dalam berbagai bentuk, dari perubahan furnitur, warna, bahkan penataan. Misalnya, ketika lantai mulai mengalami keausan, itu artinya perlu mengubahnya. 

Baca juga: 3 Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Lantai Dapur 

Perbaikan rumah lainnya sebaiknya dilakukan bersamaan dengan mengganti lantai. Contohnya, jika mengecat bagian dalam rumah dan berencana memperbarui lantai, pastikan  mengecat dinding terlebih dahulu.

Lantai memiliki peran penting dalam mempengaruhi suasana ruangan. Namun, saat memilih lantai baru, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Anda tidak boleh hanya memilih lantai berdasarkan keinginan semata. 

Dikutip dari My Decorative, Rabu (8/6/2022), berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat mengganti lantai rumah

Baca juga: 5 Pilihan Lantai yang Dapat Mengubah Nuansa Ruangan 

Gaya hidup keluarga 

Ilustrasi ruangan, ilustrasi plafon kayu, ilustrasi lantai kayu.SHUTTERSTOCK / ImageFlow Ilustrasi ruangan, ilustrasi plafon kayu, ilustrasi lantai kayu.
Memilih jenis lantai yang cocok untuk rumah Anda harus mempertimbangkan gaya hidup keluarga dan aktivitas yang dilakukan setiap harinya di setiap ruangan.

Jika ada anak kecil, orang tua, atau hewan peliharaan, penggunaan karpet sangat disarankan. Sedangkan, untuk rumah yang tidak memiliki anak kecil, hal yang harus diperhatikan adalah jenis lantai seperti marmer, ubin keramik, atau vinil dapat digunakan.

Untuk memastikan bahwa material lantai baru dapat menahan noda, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan lantai kayu atau bahan lainnya.

Untuk area lalu lintas tinggi di rumah seperti kamar mandi, dapur, dan pintu masuk, sebaiknya menggunakan material yang lebih keras. Dengan mengikuti cara-cara tersebut, lantai tidak mudah luntur. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Mengepel Lantai Menggunakan Detergen Cair 

Daya tahan

Mengubah lantai di rumah adalah investasi finansial yang besar. Selain itu, banyak waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan, ditambah hal itu bukan sesuatu yang bisa dilakukan begitu saja. 

Memilih lantai rumah yang kuat terhadap tekanan dan tahan lama tergantung pada aktivitas yang dilakukan di ruangan tersebut. Lantai yang sangat baik dan tahan lama akan bertahan dalam ujian waktu dan bertahan lebih lama. 

Baca juga: 6 Jenis Lantai Kamar Mandi Antislip 

Persyaratan pemeliharaan

Ilustrasi dapur, ilustrasi lantai marmer.SHUTTERSTOCK / Serghei Starus Ilustrasi dapur, ilustrasi lantai marmer.
Sebelum membeli, disarankan memeriksa persyaratan pemeliharaan setiap lantai yang ingin Anda pilih untuk memastikan apakah lantai dapat mempertahankannya setelah dipasang atau tidak.

Untuk ubin batu, mereka harus dipoles setiap beberapa tahun, lantai kayu keras alami harus dipoles ulang setidaknya sekali dalam satu dekade, ubin atau keramik perlu dibersihkan secara teratur dan pembersihan nat dari waktu ke waktu.

Jika sangat memperhatikan kebersihan, Anda dapat memilih jenis lantai yang tidak mudah kotor dan mudah dirawat seperti ubin atau laminasi. 

Baca juga: 4 Fakta Lantai Vinyl yang Perlu Diketahui Sebelum Memasangnya di Rumah

Harga 

Harga material setiap lantai sangat bervariasi. Setiap material memiliki nilai yang menggambarkan tingkat kualitasnya. Semakin tahan lama material lantai, semakin mahal harganya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com