Kompas.com - 18/05/2022, 20:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang telah dihuni selama bertahun-tahun memerlukan pembaruan atau perbaikan pada beberapa aspek, bahkan parahnya harus melakukan perombakan total.

Beberapa proyek bisa dilakukan dalam waktu singkat, tetapi ada beberapa area yang harus memerlukan perbaikan lebih lama seperti memperbaikan lantai

Baca juga: Sebelum Beli, Ketahui 6 Risiko Menggunakan Stiker Lantai Vinyl 

Namun, produsen lantai saat ini memberikan alternatif lebih mudah untuk pemilik rumah memperbaiki atau memberikan kesan baru pada lantai yang sudah usang, yakni  menggunakan lantai vinyl.

Dilansir dari Real Simple, Rabu (18/5/2022) mengaplikasikan lantai vinyl terbilang mudah,  yakni cukup menempelkannya pada bagian lantai yang ingin diperbaiki. Cara ini sama dengan pemasangan wallpaper pada dinding

Namun, apakah pemasangan lantai vinyl bisa bertahan lama atau hanya bersifat sementara? 

Nah, demi menghindari kesalahan, berikut beberapa fakta tentang lantai vinyl yang perlu diketahui sebelum memasangnya di rumah. 

Baca juga: 5 Perbedaan Stiker Vinyl dan Vinyl Flooring, Mana yang Lebih Baik? 

Lebih tebal dari wallpaper

Ilustrasi lantai vinyl.SHUTTERSTOCK / Kinek00 Ilustrasi lantai vinyl.
Lantai vinyl memiliki ketebalan sekitar 0,3-0,5 sentimeter (jauh lebih tebal dari wallpaper). Terkadang lantai vinyl juga disebut sebagai lantai papan vinil, ubin vinil, atau ubin kupas. 

"Lantai vinyl hadir dalam berbagai macam pola dan gaya dan dapat menjadi alternatif yang terjangkau," kata Tamara Day, desainer interior dan pembawa acara HGTV's Bargain Mansions.  

Baca juga: Ingin Memasang Lantai Vinyl? Ketahui Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Gunakan sebagai solusi sementara

Lantai vinyl sangat ideal untuk digunakan sebagai solusi jangka pendek atau memiliki anggaran terbatas. 

"Bahannya sebenarnya sangat tahan lama dan agak tahan air. Ini dapat menjadi solusi untuk ruang anak-anak atau ruang serbaguna. Karena ubin vinyl mudah dipasang sendiri dan cukup mudah dilepas, Anda dapat menggunakannya saat anak-anak masih kecil," ungkap Day. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.