Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pilihan Lantai yang Dapat Mengubah Nuansa Ruangan

Kompas.com - 28/05/2022, 10:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun sering terlupakan dalam hal dekorasi rumah, lantai juga memiliki pengaruh di dalam ruangan. Lantai juga dengan cepat bisa mengubah suasana ruangan menjadi lebih besar, nyaman, atau sebaliknya.

Untuk itu, pemilihan lantai juga harus diperhatikan.

Dilansir The Spruce, Sabtu (28/5/2022), jenis lantai yang digunakan di rumah dapat membuat kesan dramatis pada sebuah ruangan dan mengatur nada untuk seluruh lingkungan. Namun, ada lebih banyak pilihan untuk elemen yang begitu besar dan luas daripada sekadar karpet atau vinil.

 

Baca juga: Simak, Ini Cara Aman Mengepel Lantai Marmer

Ilustrasi lantai - Lantai keramik.SHUTTERSTOCK / Stayman Ilustrasi lantai - Lantai keramik.

Berikut adalah lima ide jenis lantai yang dapat mengubah ruangan dari biasa-biasa saja menjadi mencolok.

1. Lantai gabus 

Jika Anda membutuhkan sedikit kehangatan dan kelembutan di bawah kaki, carilah gabus. Gabus adalah bahan lantai dengan sejumlah kualitas khas. Ini adalah bahan yang lembut seperti spons dengan nuansa unik yang membuat kaki Anda nyaman.

Lantai ini  ideal untuk siapa saja yang alergi karena tahan jamur dan lumut. Gabus juga memiliki tampilan alami yang lembut, mirip dengan kayu keras.

Jauhkan lantai gabus dari ruang basah, seperti kamar mandi. Lapisan lantai gabus yang tidak direkatkan adalah magnet untuk air yang akan membuat bahan membengkak, melengkung, dan memburuk.

Baca juga: Simak, Ini Cara Mengepel Lantai Menggunakan Detergen Cair

2. Lantai karet

Lantai karet tidak hanya untuk ruang anak-anak. Ini menyerap suara dan lembut, terasa empuk membuatnya aman di bawah kaki di kamar seperti kamar mandi, dapur, gym, atau di mana saja di mana tergelincir adalah risiko.

Lantai karet biasanya tersedia dalam tampilan warna solid dan bintik cerah yang bagus untuk ruang yang menyenangkan dan dapat dipasang dalam bentuk lembaran atau ubin.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com