Kompas.com - 18/05/2022, 21:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Umumnya, detergen digunakan untuk membersihkan atau mencuci pakaian.

Namun, tak jarang, detergen, khusus detergen cair, juga digunakan untuk mengepel lantai, terlebih saat kehabisan produk pembersih lantai di rumah

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mengepel Lantai dengan Pemutih

Mengepel lantai menggunakan detergen cair cukup terbilang efektif, tetapi ada beberapa lantai yang harus dihindari seperti lantai kayu dan lantai batu alam seperti marmer serta granit karena bisa merusaknya. 

Cara menggunakan detergen cair untuk membersihkan lantai cukup mudah dilakukan. Disadur dari Hunker, Rabu (18/5/2022), berikut cara mengepel lantai dengan detergen cair

Baca juga: Kehabisan Detergen, Ini Cara Aman Mencuci Pakaian dengan Sampo

Siapkan detergen cair

Ilustrasi mengepel lantai dengan kain pel. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi mengepel lantai dengan kain pel.
Langkah pertama adalah tuangkan seperempat cangkir detergen cair ke dalam ember, kemudian tambahkan 7,5 liter air panas. 

Setelah itu, rendam kain pel di dalam ember detergen, peras sisa air agar lantai tidak becek, dan mulailah mengepel lantai.

Bilas kain pel di ember berisi air, peras hingga cukup lembap, dan rendam kembali dalam ember detergen. Lakukan langkah sebelumnya hingga semua permukaan lantai yang telah dipel bersih. 

Baca juga: Cara Membuat Detergen Bubuk dan Cair Sendiri di Rumah

Taburkan baking soda

Taburkan baking soda pada kotoran yang masih menempel, tuangkan sedikit air, dan gosok hingga teksturnya membentuk pasta dan menutupi semua kotoran.

Diamkan selama beberapa menit agar pasta baking soda meresap, gosok kotoran hingga hilang, serta bersihkan sisanya menggunakan kain pel yang sudah dicelupkan dalam air detergen. 

Baca juga: 7 Trik Mengepel Lantai Rumah Menjadi Lebih Bersih

Pel lantai kembali dengan cuka

Terakhir, buang air dalam ember yang sudah kotor, lalu isi salah satu ember dengan air bersih, dan tuangkan tidak lebih dari 1/8 cangkir cuka.

Celupkan kain pel ke dalam ember, kemudian pel lantai dengan larutan air dan cuka hingga lantai benar-benar bersih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.