Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Harus Dihindari Saat Membekukan Makanan di Freezer

Kompas.com - 01/04/2022, 21:40 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Which

JAKARTA, KOMPAS.com - Membekukan sisa makanan ke dalam freezer sebelum menjadi busuk memang dapat menghemat makanan, waktu, dan uang.

Namun, semuanya hal itu akan sia-sia jika tidak membekukan makanan dengan tepat. Rasa dan kualitas makanan akan berubah, bahkan menyebabkan masalah kesehatan. 

Baca juga: 6 Tips Menyimpan Ikan di Freezer agar Tidak Busuk dan Tahan Lama

Tak hanya itu, kesalahan membekukan makanan ini juga bisa membuat freezer menggunakan lebih banyak energi daripada seharusnya serta merusaknya.

Dilansir dari Which, Jumat (1/4/2022), berikut hal yang harus dihindari saat membekukan makanan di dalam freezer

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Freezer BauTak Sedap

Meletakkan makanan terlalu penuh 

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.SHUTTERSTOCK/GRAHAM HUGHES Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.
Hindari memasukkan makanan terlalu penuh pada setiap laci atau rak karena dapat membuat sirkulasi udara terhambat serta memaksa kompresor bekerja terlalu keras, yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan.

Terlalu lama memasukan makanan ke freezer

Saat membuka kemasan belanjaan, cobalah mengidentifikasi makanan yang tidak akan digunakan segera dan masukkan ke freezer sesegera mungkin.

Selain itu, jangan mengabaikan tanggal penggunaan makanan. Pembekuan tidak akan membunuh bakteri dan racun. Jadi, semua yang berkembang pada makanan setelah tanggal kedaluwarsa akan tetap ada pada makanan setelah dicairkan. 

Baca juga: Freezer Sering Berbau Tak Sedap? Hal Ini Jadi Penyebabnya 

Tidak memberi label pada makanan

Memberi label yang jelas pada wadah sebelum membekukan makanan akan memudahkan mencari makanan mana yang masih baik dan harus segera dikonsumsi. 

Tidak melepas kemasan

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer. SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.
Biasanya, makanan dari toko dilengkapi dengan kemasan, sebaiknya lepaskan kemasan itu dan pindahkan ke wadah kedap udara agar makanan tetap tahan lama.

Terlebih, bila makanan sudah dibuka dan tersisa setengah, gunakan wadah kedap udara untuk menyimpan sisa makanannya. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Tepat Mencairkan Es Freezer agar Makanan Tetap Awet 

Meletakkan makanan panas langsung ke freezer

Makanan yang baru dimasak harus dibiarkan mendingin terlebih dulu selama satu hingga dua jam sebelum dibekukan ke dalam freezer.  Jika tidak, kehangatan akan membuat suhu di dalam freezer meroket.

Selain itu, membahayakan kualitas makanan lainnya di dalam freezer serta memaksa freezer bekerja lebih keras untuk mendinginkan makanan, yang akhirnya meningkatkan tagihan energi.

Pertimbangkan membagi sisa makanan menjadi beberapa bagian sehingga dapat mencairkan apa yang dibutuhkan nantinya. 

Baca juga: Ketahui, Ini Durasi Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas 

Mencairkan makanan di suhu ruang

Saat mengeluarkan makanan dari freezer, penting mencairkannya dengan aman sebelum dimasak atau dimakan.

Hindari mencairkan makanan pada suhu ruangan karena sebagian besar bakteri pada makanan akan tumbuh pada suhu di atas 8 derajat Celsius serta meningkatkan risiko keracunan makanan.

Cara paling aman mencairkan makanan adalah di dalam kulkas. Makanan kecil dapat dicairkan dalam semalam, tetapi yang lain dapat memakan waktu satu atau dua hari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com