Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mewujudkan Dapur Serba Putih

Kompas.com - 01/04/2022, 18:44 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur putih selalu menawarkan estetika lebih rapi, lapang, dan bersih. Tak heran, gaya atau tema dapur putih sering digunakan banyak orang. 

Namun, meski dapur putih tampak menarik, terlebih ketika diaplikasikan di ruang kecil, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengaplikasikannya. 

Dilansir dari Country Living, Jumat (4/4/2022) berikut lima hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum mengaplikasikan dapur serba putih

Baca juga: 7 Tips Menjaga Dapur Putih Selalu Bersih dan Bebas Noda 

Berapa biaya yang akan dikeluarkan?

Ilustrasi dapur putihUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur putih
Sama dengan semua hal dalam hidup, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah berapa banyak biaya yang ingin dikeluarkan untuk dapur baru serba putih.

Misalnya, lemari dapur putih bisa menjadi cantik. Namun, jika memilih kayu dengan kualitas rendah hingga sedang, tidak akan bertahan lama dalam jangka panjang.

Demikian pula, menambahkan hasil akhir yang mengkilap dapat menghabiskan banyak uang, tetapi menerapkan permukaan yang halus akan membuat lemari lebih mudah dibersihkan pada masa mendatang.

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan anggaran Anda, memikirkan semua biaya tersembunyi, dan mempertimbangkan apakah harga akhir cocok dengan dana yang dimiliki. 

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Dapur Putih agar Semakin Cantik dan Menyenangkan 

Seberapa sering memasak?

Tidak semua dapur memiliki waktu memasak yang sama. Apakah Anda seseorang yang suka menyiapkan makanan besar untuk keluarga? Apakah Anda suka menjamu semua teman untuk makan bersama setiap bulan? 

Itu merupakan ide baik untuk mempertimbangkan seberapa sering Anda benar-benar menggunakan sekaligus mengotori dapur. 

Dapur serba putih yang sering digunakan memasak akan lebih mudah mengalami kotor dan terkena noda serta tumpahan. Untuk itu, penting juga melakukan pemeliharaan jangka panjang. 

Baca juga: Dapur Serba Putih Diprediksi Tidak Lagi Jadi Tren Tahun Ini 

Seberapa banyak sinar matahari yang masuk?

Ilustrasi dapur, kulkas di dapurUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur, kulkas di dapur
Lemari dapur dan meja serba putih cenderung menguning seiring waktu saat terkena sinar matahari langsung dalam jumlah tinggi.

Jika tidak dilindungi dengan benar, furnitur putih tersebut akan menguning, yang akhirnya menyebabkan penyesalan besar setelah beberapa tahun.

Sebelum menerapkan skema serba putih, coba perhatikan kondisi dapur dan siklus cahaya alami yang diterimanya setiap hari. Ini akan membantu Anda mengetahui area mana yang berpotensi rusak. Memasang tirai atau gorden bisa menjadi solusi dalam situasi ini. 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Air Purifier untuk Dapur 

Seberapa sering membersihkannya?

Anda mungkin bersedia berkomitmen pada jadwal pembersihan yang ketat sepanjang waktu saat ini, tetapi apakah benar-benar akan mematuhinya pada masa depan?

Lemari dan meja serba putih adalah pilihan perawatan paling tinggi. Permukaan yang lebih terang sulit menyembunyikan kotoran, noda, juga debu. 

Untuk itu, selain menyeka meja secara teratur, Anda perlu membersihkan debu lebih dari sekali seminggu, terus-menerus menghapus noda sidik jari, dan membersihkan minyak dan kotoran segera setelah terkumpul. 

Baca juga: 7 Ide Cerdas Meningkatkan Tampilan Dapur Tanpa Banyak Biaya 

Apakah ini akan menjadi investasi jangka panjang?

Pada akhirnya, untuk mewujudkan dapur serba putih, Anda harus jujur pada diri sendiri. Ini adalah komitmen besar tidak hanya uang, tetapi waktu dan daftar tugas pasti akan meningkat.

Apakah Anda masih akan senang dengan meja berwarna putih dalam lima tahun ke depan? Berpikir jangka panjang sebelum mengambil keputusan akan menjadi keputusan paling cerdas yang Anda buat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com