Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/03/2022, 18:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak tidak hanya membuat rumah terlihat kotor dan tidak terawat, tetapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan jika dibiarkan. 

Biasanya, kecoak hidup di tempat lembap seperti kamar mandi. Akan tetapi, area dapur juga kerap menjadi sarang kecoak karena banyaknya makanan yang menariknya untuk muncul serta berkembang biak. 

Baca juga: 3 Cara Membasmi Kecoak dengan Baking Soda dan Gula

Untuk itu, kemunculan kecoak di dapur perlu segera diatasi. Namun, meski telah membersihkan dapur setiap hari, kecoak masih dapat berkembang biak di bawah wastafel, saluran air, dan sudut lemari. 

Dilansir dari Times of India, Kamis (24/3/2022), berikut beberapa bahan alami untuk membasmi kecoak di dapur. 

Gunakan air panas dan cuka

Ilustrasi cukaFREEPIK.COM Ilustrasi cuka
Ini adalah cara sederhana mengusir kecoak dari dapur. Caranya, siapkan air panas dengan campuran segelas cuka putih, kemudian aduk rata.

Kemudian, bersihkan piring dan bagian atas kompor dengan larutan ini. Tuangkan larutan ini ke saluran pembuangan dapur pada malam hari untuk mendisinfeksi pipa dan saluran air serta menjaga kecoaka memanjat ke dapur. 

Baca juga: 3 Tanaman Terbaik yang Mampu Mengusir Kecoak Keluar Rumah 

Air panas, lemon, dan baking soda

Retasan dapur mudah lainnya yang dapat digunakan untuk mencegah kecoak adalah mencampurkan satu buah lemon dan dua sendok makan baking soda kue dalam satu liter air panas, kemudian aduk rata sampai tercampur rata. 

Setelah itu, tuangkan larutan ke saluran pembuangan atau cuci area di bawah wastafel untuk menghentikan perkembangbiakan kecoak di dapur. 

Baca juga: 8 Tips Membasmi Berbagai Hama di Rumah, dari Kecoak sampai Rayap

Asam borat dan gula 

Ilustrasi minyak esensial.Unsplash/Towfiqu barbhuiya Ilustrasi minyak esensial.
Obat kuno ini bekerja sangat baik untuk mengusir kecoak dari dapur. Caranya, cukup campurkan asam borat dan gula, lalu sebarkan ke tempat-tempat kecoak berkembang biak.

Gula berfungsi memikat serangga dan asam borat membunuh kecoak dengan segera.  

Minyak esensial 

Minyak esensial seperti minyak peppermint dan minyak lavender dapat membantu mencegah serangga. Aroma minyak esensial mencegah kecoak muncul kembali. Cukup semprotkan beberapa minyak esensial di sekitar dapur dan lemari. 

Baca juga: 7 Cara Membasmi Kecoak di Dapur, Pakai Mentimun hingga Kayu Manis 

Mentimun

Meletakkan beberapa irisan mentimun di area yang sering didatangi kecoak bisa menjauh serangga ini menjauh dari dari dapur. 

Daun nimba

Ilustrasi kayu manis. PIXABAY/KAREN_ESCOBAR84 Ilustrasi kayu manis.
Daun mimba dan minyak mimba bekerja menjauhkan kecoak dan serangga dari dapur. simpan saja beberapa lembar daun mimba di dapur dan Anda bisa melihat perubahannya hanya dalam tiga hari.

Bisa pula menyemprotkan minyak nimba yang dicampur dengan air panas untuk menghentikan kecoak dan serangga berkembang biak di dapur. 

Baca juga: 4 Produk Pengusir Kecoak di Rumah, Bisa Dibuat Sendiri dengan Mudah 

Kayu manis

Rempah-rempah ini dapat mengusir kecoak. Aroma yang kuat dari kayu manis dapat mencegah kecoak datang ke dapur dan lemari.

Taburkan bubuk kayu manis yang baru digiling di sekitar dapur untuk mencegah kecoak berkembang biak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com