Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Menjaga Dapur Putih Selalu Bersih dan Bebas Noda

Kompas.com - 12/01/2022, 23:22 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki dapur serba putih menjadi sebuah tantangan sulit untuk menjaganya tetap bersih.

Pasalnya, dapur merupakan area paling sibuk di rumah sehingga membuatnya rentan kotor dan berantakan. Selain itu, perlengkapan memasak serta makan juga harus dibersihkan secara rutin.

Tak heran, dapur putih dapat dengan mudah menampilkan kotoran serta debu yang sangat terlihat. Namun, tak perlu khawatir, menjaga dapur putih tetap bersih tidaklah sulit.

Melansir dari The Kitchn, Rabu (12/1/2022), berikut tips menjaga dapur putih selalu bersih dan bebas noda

Baca juga: 5 Trik Mudah Menghilangkan Bau Masakan di Dapur 

Selalu nyalakan exhaust fan saat memasak

Ilustrasi exhaust fan.SHUTTERSTOCK/PIYAPHUN PHUNYAMMALEE Ilustrasi exhaust fan.
Pencegahan adalah salah satu cara terbaik menjaga dapur serba putih tetap terlihat bersih. Tentu tidak mungkin untuk berhenti memasak sama sekali di dapur, tetapi Anda dapat mencegah penumpukan minyak di backsplash dan area sekitar dapur. 

Kevin Geick, manager di perusahaan pembersih di Bio Recovery, menyarankan menyalakan kipas angin atau exhaust fan setiap kali memasak. Selain itu, kipas juga berfungsi menyerap bau masakan.  

Baca juga: 5 Peralatan Dapur yang Perlu Dibersihkan dan Diganti Secepatnya

Cairan pembersih

Meski pembersihan mendalam dan disinfektan untuk dapur putih sama dengan dapur lain,  Anda harus melakukan lebih banyak perawatan setiap hari.

Geick mengatakan menyiapkan cairan pembersih untuk menghilangkan kotoran, goresan, dan tanda lain dari dinding, konter, dan lemari dapur.

“Mereka mudah digunakan dan mampu membersihkan banyak permukaan. Pastikan  menggunakannya dengan lembut karena menggosok dengan keras dapat merusak permukaan tertentu." 

Baca juga: Seberapa Sering Lantai Dapur Perlu Dibersihkan? 

Bersihkan setiap selesai mempersiapkan makanan

Ilustrasi membersihkan dapur, mengepel lantai dapur.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan dapur, mengepel lantai dapur.
Para ahli di perusahaan pembersih Top Cleaners yang berbasis di Inggris mengatakan jika ingin dapur putih tetap bersih, penting untuk membersihkannya setiap kali menyiapkan makanan, terutama jika memasak dengan bahan-bahan yang mudah terkena noda seperti minyak, tomat, dan lemak hewani. 

Tetesan makanan kecil dapat mendarat pada lemari dan meja dapur, lalu secara permanen menodai permukaan putih. Apabila noda menempel, tidak banyak pembersih profesional yang dapat membantu membersihkannya.  

Hindari alat pembersih keras

Top Cleaners mengatakan saat menggosok dapur serba putih, lewati sikat berbulu keras. Warna putih cenderung menonjolkan goresan, jadi sebaiknya gunakan sikat berbulu lembut atau kain mikrofiber saat menghilangkan noda. 

Baca juga: Simak, 3 Langkah Mudah Merapikan Lemari Dapur 

Gunakan cuka untuk menghilangkan noda

Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cuka putih. Tidak hanya merupakan produk pembersih alami, cuka putih juga dapat digunakan untuk membunuh gulma.
Para ahli di Top Cleaners mengatakan menggunakan cuka putih yang diencerkan dengan air suam-suam kuku adalah cara bagus untuk menghilangkan noda dari permukaan putih. Namun, Anda harus melakukannya segera setelah terjadi percikan atau tumpahan.

Cuka juga efektif membersihkan minyak. Jadi, cobalah memasukkan cuka ke botol semprot bersama air dengan perbandingan yang sama, lalu menggunakannya untuk membersihkan backsplash atau lemari yang terkena noda.

Namun, hindari menggunakan cuka pada permukaan marmer karena bisa merusaknya. Pilihlah produk pembersih khusus yang ditujukan untuk batu alam. 

Baca juga: Cara Memasang Papan Pasak untuk Mempercantik Dapur  

Bersihkan nat secara teratur

Jika memiliki backsplash putih dengan nat putih, penting menjaga garis-garis itu tetap bersih.

Alex Varela, manager umum Dallas Maids, menyarankan menggabungkan baking soda, cuka, dan air hangat hingga membentuk pasta, lalu mengoleskannya ke nat, gosok menggunakan sikat gigi, serta membilasnya dengan banyak air. 

Bersihkan juga bagian bawah peralatan secara teratur

Johnny Pallares, pemilik De La Rosa House Cleaning di Phoenix, menyarankan membersihkan bagian bawah peralatan kecil di dapur putih. 

“Remah dan kotoran makanan dapat menumpuk di bawah microwave dan pemanggang roti. Ini terlihat jauh lebih buruk jika menumpuk di dapur putih,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Kitchn
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com