Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Durasi Menyimpan Makanan di Dalam Kulkas

Kompas.com - 31/03/2022, 22:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Ramadan, kulkas menjadi peralatan elektronik yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan untuk menu sahur dan berbuka puasa.

Selain itu, banyak orang menggunakan kulkas untuk menyimpan makanan matang sisa berbuka puasa di dalam kulkas.

Baca juga: Ingin Makanan Tahan Lama di Kulkas? Ini Tips Meletakkannya

Akan tetapi, apakah aman menyimpan sisa makanan matang di dalam kulkas dan berapa lama ketahanan makanan tersebut?

Dilansir dari Mayo Clinic, Kamis (31/3/2022), sisa makanan matang dapat disimpan selama tiga hingga empat hari di dalam kulkas.

Namun, setelah itu, risiko keracunan makanan akan meningkat. Karena itu, lebih dari tiga hari, segera membuang makanan tersebut. 

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kulkas Tetap Bekerja Efisien Saat Cuaca Panas

Ilustrasi kulkas, lemari es, menyimpan makanan di kulkas. SHUTTERSTOCK/ANNA HOYCHUK Ilustrasi kulkas, lemari es, menyimpan makanan di kulkas.
Keracunan makanan disebabkan oleh kuman berbahaya seperti bakteri dalam makanan yang terkontaminasi.

Karena bakteri biasanya tidak mengubah rasa, bau, atau tampilan makanan, Anda tidak dapat membedakan apakah makanan itu berbahaya untuk dikonsumsi atau tidak. Jadi, jika ragu mengenai keamanan makanan, sebaiknya membuangnya saja.

Untungnya, sebagian besar kasus keracunan makanan dapat dicegah dengan memasak dan menangani makanan dengan benar. 

Baca juga: Catat, 7 Bahan Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas

Untuk menambah jangka simpan makanan lebih panjang, masukkan makanan yang mudah rusak seperti daging, unggas, ikan, susu, dan telur ke kulkas.

Jangan biarkan makanan lebih dari dua jam berada pada suhu ruang biasa atau lebih dari satu jam pada suhu di atas 32 derajat Celsius.

Sementara itu, makanan mentah seperti salad dingin atau sandwich harus segera dimakan atau didinginkan. Tujuannya, mengurangi waktu makanan berada di zona bahaya antara 4 dan 60 derajat Celsius, yakni ketika bakteri dapat berkembang biak dengan cepat. 

Baca juga: Ingin Membeli Kulkas? Hindari 5 Kesalahan Ini agar Tidak Menyesal

Sebelum memakan sisa makanan, panaskan kembali di atas kompor, oven konvensional, atau microwave hingga suhu internal mencapai 74 derajat Celsius.

Tidak disarankan memanaskan kembali sisa makanan ke dalam slow cooker karena perangkat ini tidak memanaskan makanan dengan baik untuk membunuh bakteri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com