Kompas.com - 29/03/2022, 13:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas adalah peralatan elektronik yang aman dan nyaman untuk menyimpanan, mendinginkan, serta mengawet berbagai bahan makanan.

Namun, tahukan Anda bahwa tidak semua bahan makanan boleh disimpan di kulkas? Pasalnya, ada beberapa bahan makanan yang dapat rusak jika disimpan pada suhu dingin atau di dalam kulkas. 

Untuk mengetahui dan menghindarinya, berikut tujuh bahan makanan yang tidak boleh disimpan di dalam kulkas dilansir dari Bobvila, Selasa (29/3/2022). 

Baca juga: Ingin Membeli Kulkas? Hindari 5 Kesalahan Ini agar Tidak Menyesal

Melon dan semangka yang belum dipotong 

ilustrasi melon blewahPIXABAY/JACKMAC34 ilustrasi melon blewah
Mendinginkan melon dan semangka yang masih utuh atau belum dipotong memakan terlalu banyak ruang di kulkas.

Lebih penting lagi, menyimpan buah-buahan besar ini ke kulkas akan menghentikan proses pematangannya, yang berarti rasanya tidak akan enak seperti jika disimpan pada suhu ruangan

Selain itu, suhu dingin juga mengurangi antioksidan sehat yang ditemukan dalam melon. Simpan buah-buahan ini di atas meja sampai siap dimakan. Jika memiliki sisa, simpan dalam wadah kedap udara di kulkas hingga tiga hari. 

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas Terlalu Lama

Kentang mentah

Kentang mentah menjadi bahan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas karena suhu dingin bisa mengubah karbohidrat kompleks bertepung dalam kentang mentah serta memberi kentang rasa manis dan rasa pahit saat dimasak.

Untuk rasa dan tekstur terbaik, simpan kentang mentah di keranjang atau laci berventilasi baik dan jauhkan dari sinar matahari langsung. 

Baca juga: Ragam Hal yang Menyebabkan Kulkas Mengeluarkan Suara Berisik

Madu 

.FREEPIK/RACOOL_STUDIO .
Karena kandungan gulanya yang tinggi, madu tidak perlu didinginkan dalm kulkas. Memasukkan madu ke kulkas hampir menjamin Anda tidak akan bisa memeras kebaikan emasnya.

Saat didinginkan, madu mengeras dan mengkristal. Jadi, sebaiknya menyimpan madu di rak  dapur. Namun, bila sudah telanjur menyimpan madu di kulkas, tak perlu membuangnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.