Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/12/2021, 21:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Real Homes

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki freezer yang terorganisir dengan baik lebih dari sekadar ruang membekukan bahan makanan.

Freezer yang tertata rapi atau terorganisir dapat membuat bahan makanan lebih tahan lama. 

Baca juga: Bunga Es di Freezer: Penyebab, Dampak, dan Cara Menghilangkannya

Menurut Jessica Randhawa, pemilik dan kepala koki di The Forked Spoon, kesalahan umum yang dilakukan orang dengan freezer adalah hanya menempatkan semua makanan beku pada satu tempat.

"Hal ini dapat membuat sulit menemukan apa yang Anda cari dan menyebabkan freezer membeku jika barang-barang yang terlupakan tinggal di sana terlalu lama," katanya dilansir dari Real Home, Rabu (22/12/2021). 

Berikut cara terbaik mengatur bahan makanan pada freezer dan memeliharanya untuk mengoptimalkan cara kerja freezer serta membuat makanan tahan lama. 

Baca juga: Catat, 6 Makanan Ini Harus Segera Dibuang dari Freezer 

Cairkan freezer dengan teratur

Tumpukan bunga es pada freezer akan membebani kinerja freezer dan meningkatkan biaya listrik. Untuk itu, perlu mencairkan bunga es pada freezer secara teratur untuk mengoptimalkan cara kerja freezer.

Gunakan vakum sealer 

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer. SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOS Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.
Untuk menjaga makanan dalam freezer lebih awet, gunakan vakum sealer. Selain memberikan daya tahan lebih lama, penggunaan vakum sealer dapat memberikan ruang yang lebih pada freezer. 

Baca juga: Mengapa Freezer Penuh Bunga Es? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya 

Gunakan file folding 

File folding digunakan untuk menyimpan barang dengan bentuk vertikal. "Sistem ini dapat diterapkan untuk freezer semudah lemari," kata Brianna Nitsberg, pendiri dan ahli decluttering di Simply Life by Bre.

Cobalah menyimpan makanan seperti keju dan daging secara vertikal di freezer untuk membantu melihat semua yang dimiliki, menghemat banyak uang seiring waktu, sekaligus mengurangi limbah makanan. 

Baca juga: 4 Tips Menjaga Freezer Bekerja Maksimal Saat Cuaca Panas 

Memiliki wadah yang sesuai dan rapat 

Makanan beku yang terkena udara dapat menyebabkan freezer menjadi panas. Untuk itu, pilih wadah yang sempurna dan sesuai dengan ukuran makanan yang akan dibekukan. Hal ini bertujuan mencegah udara bersentuhan dengan makanan.

Jika menggunakan kantong plastik atau kertas timah, bungkus makanan dengan rapat. Ini tidak hanya memaksimalkan ruang, tetapi juga membuat makanan tetap segar. 

Baca juga: Mengapa Bisa Ada Bunga Es di Freezer? Simak, Ini Penjelasannya 

Kelompokan berdasarkan makan sehari-hari

Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.SHUTTERSTOCK/GRAHAM HUGHES Ilustrasi freezer, menyimpan makanan di freezer.
Jika cenderung menggunakan bahan makanan tertentu lebih sering daripada yang lain, disarankan mengelompokkannya dalam freezer  untuk membantu aliran ruang pada freezer.

Cara terbaik mengatur freezer adalah berdasarkan kategori.

Kelompokkan bahan makanan berdasarkan seberapa sering Anda menggunakannya seperti makanan sehari-hari, makanan mingguan, atau makanan bulanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com