Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2021, 19:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki chest freezer atau freezer chest di rumah, maka Anda harus mengatur dan menatanya dengan baik.

Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda tidak membuang-buang uang dengan membeli bahan makanan yang sudah ada atau harus membuang makanan yang terkubur dan rusak.

Dilansir dari Martha Stewart, Sabtu (28/8/2021), sangat penting untuk memastikan Anda menggunakan dan tidak membuang makanan yang telah dibeli setiap kali Anda belanja.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menata Freezer dengan Benar

Akan tetapi, juga penting bahwa Anda tidak melupakan barang yang Anda bekukan, karena membuangnya nanti juga berkontribusi pada pemborosan. Solusi sederhananya adalah dengan menata freezer chest agar Anda dapat mudah menemukan apa yang Anda cari.

Berikut cara mudah dan efisien dalam menata freezer chest agar Anda tidak melakukan pemborosan bahan makanan.

1. Kategorisasi

"Saat menata freezer chest, tetapkan kategori umum bahan makanan yang disimpan," kata Anne Gopman, pendiri dan pemilik Organized by Anne.

ia menyarankan untuk menggunakan kategori luas seperti daging, unggas, permen, roti, makanan siap saji, dan sejenisnya daripada yang lebih spesifik, seperti "ayam yang telah dibumbui."

Baca juga: Cara Merawat Freezer agar Bekerja dengan Baik dan Tak Mudah Rusak

"Jika Anda terlalu spesifik, Anda akan mendapatkan terlalu banyak wadah saat mencoba menemukan satu item yang Anda butuhkan," terang dia.

Untuk menyimpan makanan, urutkan item yang lebih berat dan jarang digunakan, seperti protein, dari yang lain dan letakkan di bagian bawah freezer. Makanan yang sering Anda ambil, seperti sayuran beku atau camilan, harus diletakkan di bagian atas agar mudah dijangkau.

2. Ketahui bahan makanan yang disimpan

Mungkin sulit untuk melacak semuanya dengan kategori umum seperti itu, itulah sebabnya Gopman menyarankan untuk menyediakan papan tulis magnetik untuk menuliskan semua yang Anda masukkan ke dalam freezer chest.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com