Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

32 Pesawat Militer China Terdeteksi di Sekitar Taiwan dalam 24 Jam

Kompas.com - 21/03/2024, 13:23 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

TAIPEI, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Taiwan pada Kamis (21/3/2024) mengatakan, 32 pesawat militer China terdeteksi di sekitar pulau itu dalam waktu 24 jam, menjadikannya jumlah tertinggi kedua tahun ini.

Dalam 24 jam menjelang Kamis pukul 06.00 waktu setempat, Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan juga mendeteksi lima kapal angkatan laut yang beroperasi di sekitar Taiwan.

Kemudian, 20 pesawat disebut melintasi garis tengah Selat Taiwan.

Baca juga: Ketegangan Meningkat di Perbatasan China-Taiwan Laut China Selatan

Angkatan bersenjata Taiwan mengatakan, pihaknya memantau situasi dan mengerahkan pesawat (patroli), kapal Angkatan Laut, serta sistem rudal pesisir sebagai respons terhadap aktivitas yang terdeteksi.

Dalam dua periode 24 jam lainnya pada akhir Januari dan awal Februari 2024, Kemenhan Taiwan mendeteksi 33 pesawat tempur China di sekitar pulau tersebut, jumlah tertinggi tahun ini.

Keberadaan pesawat-pesawat itu terjadi setelah pemilihan presiden Taiwan pada 13 Januari 2024 yang dimenangi wakil presiden saat ini, Lai Ching-te atau William Lai, dan tidak disukai Beijing.

Lai dan wakil presiden terpilih Taiwan Hsiao Bi-khim dari Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa akan mulai menjabat pada 20 Mei 2024.

Baca juga:

Bulan lalu, Taiwan mengatakan bahwa 11 kapal Angkatan Laut China terdeteksi di sekitar Taiwan, terbanyak tahun ini.

Pertikaian antara Taipei dan Beijing terus berlanjut, termasuk insiden fatal yang melibatkan kapal nelayan.

China menyatakan, akan meningkatkan patroli di sekitar Kinmen menyusul serangkaian insiden mematikan, termasuk tenggelamnya kapal lain di wilayah tersebut bulan ini yang mengakibatkan kematian dua awak kapal.

Taiwan mendeteksi rekor delapan balon China dalam dua hari beruntun selama liburan Tahun Baru Imlek bulan lalu. Beberapa di antaranya terbang langsung di atas pulau tersebut.

Beijing beberapa tahun terakhir meningkatkan tekanan militer ke Taiwan, dan mengerahkan pesawat tempur serta kapal angkatan laut di sekitar pulau tersebut hampir setiap hari. Balon-balon juga semakin banyak terbang di atas Taiwan.

Baca juga: Menimbang Peluang China Lakukan Blokade Militer ke Taiwan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com