Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Ucapkan Selamat William Lai Menang Pilpres Taiwan, tapi...

Kompas.com - 14/01/2024, 06:54 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Amerika Serikat pada Sabtu (13/1/2024) mengucapkan selamat kepada William Lai atau Lai Ching-te setelah menang dalam Pilpres Taiwan 2024.

Tetapi, Presiden AS Joe Biden menegaskan bahwa Washington tidak mendukung kemerdekaan pulau dengan pemerintahan sendiri itu, yang diklaim China bagian negaranya.

"Kami tidak mendukung kemerdekaan," ucapnya ketika ditanya oleh para wartawan mengenai posisi AS terhadap Taiwan, dikutip dari AFP.

Baca juga: Tanggapan China Usai William Lai yang Dianggapnya sebagai Ancaman Menang dalam Pilpres Taiwan

Pernyataan Biden itu nyatanya berlawanan dengan semangat yang dibawa oleh William Lai.

Ia sebelumnya menyatakan dukungan terhadap kemerdekaan Taiwan dan menempatkan diri sebagai pembela cara hidup demokratis di pulau itu. 

Terpisah, dalam sebuah pernyataan, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memberi penghormatan kepada Lai atas kemenangannya dalam pemungutan suara yang sangat penting pada Sabtu.

Ia pun memuji "sistem demokrasi yang kuat dan proses pemilu" yang telah berjalan di Taiwan.

Blinken menambahkan bahwa Washington berkomitmen untuk menjaga perdamaian dan stabilitas lintas Selat, serta penyelesaian perbedaan secara damai, bebas dari paksaan dan tekanan.

Lai, yang dicap oleh China sebagai ancaman bagi perdamaian, telah bersumpah pada Sabtu untuk membela Taiwan dari "intimidasi" oleh China.

Baca juga:

Kemenangan Lai ini juga bisa menjadi bukti bahwa penduduk pulau itu tidak memedulikan peringatan dari China dan membawanya ke kemenangan dalam Pemilu Taiwan.

Amerika Serikat sebelumnya mengatakan pada awal pekan ini bahwa mereka berencana mengirim delegasi tidak resmi ke Taiwan setelah pemungutan suara dan memperingatkan China untuk tidak melakukan provokasi militer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com