Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Thailand Peringatkan Fans Liverpool agar Tak Tertipu "Xabi Alonso"

Kompas.com - 30/01/2024, 17:28 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

BANGKOK, KOMPAS.com - Polisi Thailand telah memperingatkan para fans Liverpool untuk tidak tertipu oleh penipu online yang menyamar sebagai pelatih Bayer Leverkusen, Xabi Alonso.

Mantan pemain Liverpool dan Real Madrid tersebut baru-baru ini dikaitkan sebagai sosok yang tepat untuk menggantikan posisi Jurgen Klopp di Anfield pada musim panas nanti.

Biro Investigasi Pusat Thailand meminta kepada para pendukung untuk berhati-hati terhadap pesan viral yang mengeklaim bahwa akun Instagram pemain asal Spanyol itu meminta sumbangan sebesar 300 baht (sekitar Rp 135.000) untuk membantu membayar ongkos penerbangannya.

Baca juga: Istri Polisi Thailand Diduga Bunuh 9 Orang dengan Sianida

"Saya Xabi Alonso, saya akan bertanggung jawab atas Liverpool musim depan, tetapi saya kekurangan uang untuk penerbangan saya ke Liverpool," demikian isi pesan tersebut, yang ditulis dalam bahasa Thailand.

Seperti diketahui, Klopp telah mengejutkan para fans Liverpool pada Jumat (26/1/2024) lalu dengan mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri pada akhir musim.

"Penggemar Liverpool, tenanglah. Xabi belum menjadi manajer, tapi sudah ada penipu," ungkap Polisi Thailand dalam sebuah pernyataan yang diposting di Facebook pada Minggu (28/1/2024).

Polisi menegaskan, pesan yang diedit agar terlihat seperti berasal dari akun Instagram resmi Alonso itu adalah "penipu yang berpura-pura menjadi Xabi".

Liga Primer Inggris sangat populer di Thailand dan Liverpool adalah salah satu tim yang paling banyak didukung, dengan kaos merah dan lambang klub yang menghiasi segala sesuatu mulai dari orang hingga taksi dan toko-toko.

Baca juga: Polisi Thailand Peras Aktris Taiwan Charlene An Saat di Bangkok, Kepala Polisi Minta Maaf

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com