Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lamaran Minggu Kemarin, Akad Nikah Pangeran Mateen 11 Januari 2024

Kompas.com - 09/01/2024, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

BANDAR SERI BEGAWAN, KOMPAS.com - Rangkaian prosesi pernikahan Pangeran Abdul Mateen dengan Anisha Rosnah dimulai dengan lamaran pada Minggu (7/1/2024).

Prosesi itu digelar di Istana Nurul Iman, Bandar Seri Begawan yang dihadiri oleh keluarga kedua belah pihak calon mempelai.

Pangeran Mateen (32) yang merupakan putra Sultan Brunei Haji Hassanal Bolkiah itu telah mengumumkan pertunangannya pada bulan Oktober 2023.

Baca juga: Akan Menikah, Pangeran Mateen dari Brunei Unggah Foto bareng Calon Istrinya

Dikutip dari The National News pada Sabtu (6/1/2024), pada Hari Tahun Baru, Pangeran Mateen membagikan foto dirinya dan calon pengantinnya kepada lebih dari 2,4 juta pengikutnya di Instagram.

Dalam foto tersebut, Pangeran Mateen mengenakan setelan jas berwarna biru cerah, sementara Rosnah yang tersenyum berdiri di sampingnya dengan setelan celana berwarna krem, tangannya disilangkan untuk memamerkan cincin pertunangan berlian besarnya.

Perayaan yang digelar dalam beberapa hari ke depan akan mencakup upacara tradisional dan Islami, pertunjukan musik, dan jamuan makan mewah yang dihadiri oleh tamu-tamu internasional ternama.

Daftar tamu tersebut dikabarkan mencakup Pangeran Inggris dan Putri Wales serta Putra Mahkota Yordania Hussein dan Putri Rajwa.

Urutan upacara pernikahan Pangeran Mateen

Perayaan Pangeran Mateen dan Rosnah dihelat selama 10 hari yang dimilai sejak 7 Januari.

Upacara lamaran pernikahan pada 7 Januari untuk menerima Komando Kerajaan, ada penampilan musisi istana secara resmi menandai dimulainya perayaan pernikahan kerajaan.

Dilanjutkan dengan pengucapan janji pernikahan atau akad nikah di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien pada 11 Januari 2024.

Baca juga: Profil Anisha Isa Kalebic, Calon Istri Pangeran Mateen dari Brunei

Resepsi pernikahan kerajaan akan diadakan pada 14 Januari 2024 diikuti dengan parade di sekitar ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan.

Puncaknya adalah jamuan makan malam kerajaan yang dihadiri oleh para tamu dari seluruh dunia.

Siapakah Pangeran Abdul Mateen?

Pangeran Mateen adalah putra keempat dan anak ke-10 dari Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei, Sultan dan Perdana Menteri Brunei, dan mantan istrinya Puan Hajah Mariam binti Haji Abdul Aziz.

Dia berada di urutan keenam pewaris takhta tetapi terlihat menemani ayahnya dalam berbagai perjalanan kenegaraan di seluruh dunia.

Pangeran Mateen lulus dengan gelar Bachelor of Arts di bidang politik internasional dari King’s College London.

Kini, ia menjadi pilot helikopter di Angkatan Udara Kerajaan Brunei, di mana ia berpangkat mayor.

Selain itu, Pangeran Mateen juga seorang pemain polo yang terampil, ia juga mewakili negaranya pada tahun 2017 dan 2019 di SEA Games.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Penyebab Japan Airlines Tabrakan | Pangeran Mateen Akan Nikahi Anisha

Sedangkan Rosnah merupakan cucu dari salah satu penasihat khusus sultan, Pehin Dato Isa.

Pasangan ini telah berpacaran selama beberapa tahun dan terlihat bersama dalam berbagai kesempatan, termasuk di pernikahan saudara perempuan Pangeran Mateen, Putri Azemah Ni'matul Bolkiah, awal tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com