Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Setujui Tambahan Minimal Pasokan Bahan Bakar ke Gaza

Kompas.com - 07/12/2023, 09:43 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

GAZA, KOMPAS.com - Israel pada Rabu (6/12/2023) menyetujui tambahan minimal pasokan bahan bakar ke Gaza untuk mencegah bencana kemanusiaan.

Sebelumnya, PBB memperingatkan, akan ada gangguan ketertiban umum di Gaza seiring meningkatnya pertempuran di selatan wilayah Palestina tersebut.

“Tambahan bahan bakar minimal--yang diperlukan untuk mencegah bencana kemanusiaan dan pecahnya epidemi (disetujui masuk) ke Jalur Gaza selatan,” tulis kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di media sosial X, sebelumnya bernama Twitter.

Baca juga: AS Akan Tolak Visa Warga Israel Pelaku Kekerasan terhadap Warga Palestina di Tepi Barat

“Jumlah minimal akan ditentukan dari waktu ke waktu oleh Kabinet Perang sesuai situasi kesakitan dan kemanusiaan di Jalur Gaza,” tambahnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Pada Rabu juga, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengaku khawatir ketertiban umum akan segera rusak total di Gaza.

Untuk kali pertama sejak menjadi Sekjen PBB pada 2017, Guterres menggunakan Pasal 99 Piagam PBB yang membuatnya dapat menyampaikan ke Dewan Keamanan tentang setiap masalah yang menurutnya dapat mengancam perdamaian dan keamanan internasional.

Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen menuding mandat Guterres adalah bahaya bagi perdamaian dunia.

Baca juga:

Pengumuman Israel tentang bahan bakar ini muncul dua hari setelah sekutu utamanya, Amerika Serikat, meminta lebih banyak bahan bakar diizinkan masuk Gaza.

Serangan Israel di Gaza sejak Oktober menewaskan lebih dari 16.200 orang, mayoritas adalah perempuan dan anak-anak.

Adapun serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023 menewaskan 1.200 orang yang sebagian besar wrga sipil.

Baca juga: Sidang Kasus Korupsi PM Israel Netanyahu Dilanjutkan meski Masih Perang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com