Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-586 Serangan Rusia ke Ukraina: Musk Unggah Meme Zelensky | UE Gelar KTT Bersejarah di Kyiv

Kompas.com - 03/10/2023, 09:29 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-586 pada Senin (2/10/2023).

Ini termasuk, Ukraina bereaksi marah terhadap postingan Elon Musk yang mengolok-olok seruan berulang kali Presiden Volodymyr Zelensky agar bantuan militer dan keuangan Barat untuk melawan pasukan Rusia.

Sementara itu, Para menteri luar negeri Uni Eropa berkumpul di ibu kota Ukraina, Kyiv, untuk menghadiri KTT bersejarah yang diselenggarakan di luar perbatasan blok tersebut.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-585 Serangan Rusia ke Ukraina: Bantuan AS Tak Pasti | Drone Gempur Perbatasan

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-586 yang dapat Anda simak:

Ukraina santai dengan hasil pemilu Slovakia

Ukraina pada Senin mengatakan, pihaknya menghormati pilihan rakyat Slovakia, ketika kelompok populis yang menentang bantuan militer untuk Kyiv memenangkan pemilihan parlemen di negara tersebut,

“Kami menghormati pilihan rakyat Slovakia,” kata Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba.

“Tetapi masih terlalu dini untuk mengatakan bagaimana hasil pemilu akan memengaruhi posisi Slovakia,” katanya, dikutip dari AFP.

Dia menyatakan, Kyiv baru dapat menarik kesimpulan pertama setelah koalisi terbentuk di Slovakia.

UE gelar KTT bersejarah para menteri luar negeri di Kyiv

Para menteri luar negeri Uni Eropa pada Senin berkumpul di ibu kota Ukraina, Kyiv, untuk menghadiri KTT bersejarah yang diselenggarakan di luar perbatasan blok tersebut.

Pertemuan tersebut terjadi ketika Kyiv berupaya untuk bergabung dengan UE di masa depan, di tengah invasi Rusia ke Ukraina yang memasuki bulan ke-20.

"Kami mengadakan pertemuan bersejarah para menteri luar negeri UE di Ukraina, calon negara dan calon anggota UE. Kami di sini untuk menyatakan solidaritas dan dukungan kami kepada rakyat Ukraina," kata Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Josep Borrell dalam pernyataan di media sosial.

“Masa depan Ukraina terletak di dalam UE,” tambahnya.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-584 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Sapa Penduduk Daerah Aneksasi | Ukraina Hancurkan 30 Drone Rusia

Menlu Perancis: UE siap dukung Ukraina jangka panjang

Menteri Luar Negeri Perancis Catherine Colonna pada Senin mengatakan, pertemuan para menteri luar negeri Uni Eropa di Kyiv adalah sinyal bagi Moskwa mengenai tekad blok tersebut untuk mendukung Ukraina dalam jangka panjang.

"Ini merupakan wujud dukungan kami yang tegas dan abadi terhadap Ukraina, sampai mereka bisa menang. Ini juga merupakan pesan kepada Rusia bahwa mereka tidak boleh bergantung pada kelelahan kami. Kami akan berada di sana untuk waktu yang lama," katanya kepada wartawan di Kyiv.

Kremlin: kelelahan Barat terhadap Ukraina akan bertambah

Kremlin pada Senin mengatakan, kelelahan Barat terhadap Ukraina akan bertambah, ketika masa depan bantuan Amerika Serikat untuk Kyiv berada dalam ketidakpastian.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com