Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-784 Serangan Rusia ke Ukraina: Patungan Warga Slovakia | 17 Tewas di Chernigiv

Kompas.com - 18/04/2024, 10:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-784 pada Rabu (17/4/2024), ditandai dengan patungan ribuan warga Slovakia membeli peluru untuk pasukan Kyiv.

Sementara itu, serangan Rusia di Kota Chernigiv, Ukraina utara, menewaskan sedikitnya 17 orang.

Dikutip dari kantor berita AFP, berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: Ukraina Kehabisan Rudal untuk Lindungi Pembangkit Listrik Utama

1. "Banyak yang harus dilakukan sebelum konferensi damai"

China pada Rabu (17/4/2024) mengatakan, banyak pekerjaan yang perlu dilakukan sebelum konferensi perdamaian perang Rusia-Ukraina di Swiss.

China dan Rusia meningkatkan kerja sama ekonomi dan kontak diplomatik dalam beberapa tahun terakhir. Kemitraan strategis mereka juga semakin erat sejak invasi ke Ukraina.

Meskipun China mengaku netral dalam konflik di Ukraina bahkan berusaha menjadi mediator, "Negeri Tirai Bambu" tetap dikritik karena enggan mengecam serangan Rusia.

Baca selengkapnya di sini.

2. Serangan di Chernigiv tewaskan 17 orang

Serangan Rusia di Kota Chernigiv, Ukraina utara, menewaskan sedikitnya 17 orang, kata Wali Kota Oleksandr Lomako pada Rabu (17/4/2024).

Wilayah yang berbatasan dengan Belarus ini sempat diduduki Rusia pada awal invasi, tetapi terhindar dari pertempuran sengit selama sekitar dua tahun sejak tentara Moskwa mundur.

Lomako juga mengatakan kepada media pemerintah, serangan tersebut menghancurkan daerah yang sangat padat penduduknya di Chernigiv.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: DPR AS Bakal Lakukan Pemungutan Suara Terkait Bantuan Ukraina dan Israel

3. 50.000 tentara Rusia tewas

Laporan BBC pada Rabu (17/4/2024) menyebutkan, lebih dari 50.000 personel militer Rusia tewas dalam perang di Ukraina.

BBC mendapati lebih dari 27.300 tentara Rusia tewas pada tahun kedua perang, meningkat 25 persen dibandingkan tahun pertama.

BBC Rusia, Mediazona, dan relawan menghitung kematian tentara Rusia sejak Februari 2022, menggunakan informasi sumber terbuka dari laporan resmi dan media, serta citra satelit permakaman Rusia untuk memperkirakan jumlah kuburan baru.

Baca selengkapnya di sini.

4. Ribuan warga Slovakia patungan beli peluru

Ribuan warga Slovakia patungan untuk membelikan peluru bagi Ukraina, mengabaikan perdana menteri pro-Rusia mereka yang menyetop bantuan ke Kyiv.

Sejak Senin (15/4/2024) hingga Rabu (17/4/2024), ribuan orang telah menyumbangkan 575.000 euro (Rp 9,92 miliar) ke kelompok penggalang dana Peace for Ukraine

PM Slovakia Robert Fico yang berkuasa sejak tahun lalu menghentikan bantuan militer ke Ukraina—negara tetangga mereka—dan menganjurkan perundingan damai dengan Rusia.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com