Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-779 Serangan Rusia ke Ukraina: AS Larang Impor Produk Logam Rusia | Belanda Janjikan Rp 17, 1 Triliun untuk Ukraina

Kompas.com - 13/04/2024, 10:26 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

KYIV, KOMPAS.com - Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-779 pada Jumat (12/4/2024).

Ini termasuk, Departemen Keuangan AS mengumumkan, telah melarang impor produk logam asal Rusia, dalam upaya untuk menargetkan sumber pendapatan penting setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 2022.

Sementara itu, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menjanjikan tambahan dukungan militer sebesar 1 miliar euro kepada Ukraina, yang menurutnya setiap hari dirusak oleh agresi Rusia.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-778 Serangan Rusia ke Ukraina: Rusia Bunuh 2 Militan | Fasilitas Energi Ukraina Diserang

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-779 yang dapat Anda simak:

Serangan Rusia tewaskan 1 orang di Kharkiv

Polisi Nasional Ukraina pada Jumat mengatakan, penembakan Rusia menewaskan satu orang dan melukai tiga orang lainnya di Kharkiv.

Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina yang telah digempur oleh Moskwa selama berhari-hari. 

Moskwa telah menyerang kota di timur laut Ukraina yang dekat dengan perbatasan Rusia itu dengan serangkaian serangan mematikan bulan ini.  

"Wilayah Kharkiv. Tiga warga sipil terluka dalam penembakan itu, seorang pria berusia 65 tahun tewas," kata Polisi Nasional Ukraina, dikutip dari AFP.

Belanda janjikan Rp 17, 1 triliun untuk Ukraina

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte pada Jumat menjanjikan tambahan dukungan militer sebesar 1 miliar euro kepada Ukraina, yang menurutnya “setiap hari dirusak oleh agresi Rusia”.

Ia juga mengumumkan bantuan ekonomi sebesar 400 juta euro dan perbaikan infrastruktur energi yang kembali mendapat serangan dari Rusia dalam beberapa hari dan minggu terakhir.

“Belanda akan mengeluarkan tambahan satu miliar euro untuk dukungan militer tahun ini. Jumlah tersebut melebihi dua miliar euro yang telah disepakati,” ungkap Rutte di media sosial X.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-777 Serangan Rusia ke Ukraina: AS Jual Alat Militer | Jadwal KTT di Swiss

Ledakan mobil di Moskwa lukai mantan petugas keamanan Ukraina

Seorang mantan perwira dinas keamanan SBU Ukraina terluka pada Jumat setelah mobilnya diledakkan di Moskwa.

"Vasily Prozorov menerima luka di tangan dan kakinya," kata sumber keamanan Rusia kepada kantor berita Rusia, Ria Novosti. 

Sebuah sumber di layanan darurat mengatakan kepada media Rusia bahwa dia terluka setelah sebuah alat peledak meledak di bawah kendaraan roda empatnya di luar rumahnya di Moskwa utara.  

Sumber anonim mengatakan ledakan terjadi saat Prozorov menyalakan mobilnya.  

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com