Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari Ke-779 Serangan Rusia ke Ukraina: AS Larang Impor Produk Logam Rusia | Belanda Janjikan Rp 17, 1 Triliun untuk Ukraina

KYIV, KOMPAS.com - Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-779 pada Jumat (12/4/2024).

Ini termasuk, Departemen Keuangan AS mengumumkan, telah melarang impor produk logam asal Rusia, dalam upaya untuk menargetkan sumber pendapatan penting setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 2022.

Sementara itu, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menjanjikan tambahan dukungan militer sebesar 1 miliar euro kepada Ukraina, yang menurutnya setiap hari dirusak oleh agresi Rusia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-779 yang dapat Anda simak:

Serangan Rusia tewaskan 1 orang di Kharkiv

Polisi Nasional Ukraina pada Jumat mengatakan, penembakan Rusia menewaskan satu orang dan melukai tiga orang lainnya di Kharkiv.

Kharkiv adalah kota terbesar kedua di Ukraina yang telah digempur oleh Moskwa selama berhari-hari. 

Moskwa telah menyerang kota di timur laut Ukraina yang dekat dengan perbatasan Rusia itu dengan serangkaian serangan mematikan bulan ini.  

"Wilayah Kharkiv. Tiga warga sipil terluka dalam penembakan itu, seorang pria berusia 65 tahun tewas," kata Polisi Nasional Ukraina, dikutip dari AFP.

Belanda janjikan Rp 17, 1 triliun untuk Ukraina

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte pada Jumat menjanjikan tambahan dukungan militer sebesar 1 miliar euro kepada Ukraina, yang menurutnya “setiap hari dirusak oleh agresi Rusia”.

Ia juga mengumumkan bantuan ekonomi sebesar 400 juta euro dan perbaikan infrastruktur energi yang kembali mendapat serangan dari Rusia dalam beberapa hari dan minggu terakhir.

“Belanda akan mengeluarkan tambahan satu miliar euro untuk dukungan militer tahun ini. Jumlah tersebut melebihi dua miliar euro yang telah disepakati,” ungkap Rutte di media sosial X.

Ledakan mobil di Moskwa lukai mantan petugas keamanan Ukraina

Seorang mantan perwira dinas keamanan SBU Ukraina terluka pada Jumat setelah mobilnya diledakkan di Moskwa.

"Vasily Prozorov menerima luka di tangan dan kakinya," kata sumber keamanan Rusia kepada kantor berita Rusia, Ria Novosti. 

Sebuah sumber di layanan darurat mengatakan kepada media Rusia bahwa dia terluka setelah sebuah alat peledak meledak di bawah kendaraan roda empatnya di luar rumahnya di Moskwa utara.  

Sumber anonim mengatakan ledakan terjadi saat Prozorov menyalakan mobilnya.  

Belgia menyelidiki campur tangan Rusia di Parlemen Eropa

Belgia pada Jumat mengumumkan pihaknya sedang menyelidiki "campur tangan" Rusia di Parlemen Eropa.

Mereka melakukan itu menyusul adanya tuduhan bahwa anggota parlemen mengambil dana untuk menyebarkan propaganda Kremlin menjelang pemilu Uni Eropa bulan Juni.

Republik Ceko bulan lalu mengatakan dinas intelijennya telah menemukan jaringan yang menggunakan anggota parlemen Uni Eropa untuk menyebarkan propaganda Rusia melalui situs berita Voice of Europe yang berbasis di Praha.

Belgia mengatakan pihaknya telah menetapkan bahwa beberapa anggota parlemen telah dibayar untuk mempromosikan propaganda Moskwa.

“Pembayaran tunai tidak terjadi di Belgia, namun campur tangan terjadi. Karena Belgia adalah pusat lembaga-lembaga UE, kami memiliki tanggung jawab untuk menjunjung hak setiap warga negara untuk memilih secara bebas dan aman,” kata Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo. 

Kepala Migrasi PBB desak lebih banyak bantuan ke Ukraina

Kepala migrasi PBB pada Jumat mendesak negara-negara untuk meningkatkan dukungan kemanusiaan bagi Ukraina di tengah tanda-tanda kekhawatiran akan kelelahan donor.

Ia menyerukan demikain saat menyelesaikan kunjungan pertamanya ke negara yang dilanda perang tersebut sejak menjabat.

"Lebih dari dua tahun setelah invasi besar-besaran Rusia terhadap negara tetangganya, kebutuhan kemanusiaan sangat besar," kata Amy Pope kepada AFP.

Disebutkan, lebih dari 14 juta warga Ukraina atau sekitar 40 persen populasinya, membutuhkan bantuan, termasuk hampir empat juta orang yang terpaksa mengungsi di negaranya.

Sekitar enam juta orang lainnya telah meninggalkan Ukraina dan menjadi pengungsi di tempat lain.

“Warga Ukraina pada umumnya melakukan banyak hal. Masyarakat semakin terikat satu sama lain,” kata Pope dalam wawancara telepon saat dia menyelesaikan kunjungan lima harinya.

AS: China bantu Rusia dalam ekspansi pertahanan terbesar sejak era Soviet

Para pejabat AS pada Jumat mengatakan, China membantu Rusia melakukan ekspansi militer terbesarnya sejak era Soviet, meningkatkan tekanan publik ketika kekhawatiran meningkat terhadap Ukraina.

Para pejabat AS berharap rilis informasi intelijen tersebut akan mendorong sekutu Eropa untuk menekan China, ketika Kanselir Olaf Scholz akan berkunjung ke Beijing akhir pekan ini dan para menteri luar negeri G7 akan bertemu minggu depan di Italia.

Saat mengungkap temuan AS, para pejabat mengatakan China membantu Rusia dalam berbagai bidang termasuk produksi bersama drone, kemampuan berbasis ruang angkasa, dan ekspor peralatan mesin yang penting untuk memproduksi rudal balistik.

Seorang pejabat senior AS mengatakan kepada wartawan, bahwa China telah menjadi faktor kunci dalam merevitalisasi basis industri pertahanan Rusia yang sebelumnya telah mengalami kemunduran signifikan sejak invasi Rusia ke Ukraina.

“Rusia melakukan ekspansi pertahanan paling ambisius sejak era Soviet dan dalam jangka waktu yang lebih cepat dari yang kita yakini pada awal konflik ini,” kata pejabat itu.

“Pandangan kami adalah bahwa salah satu langkah paling mengubah keadaan yang kami miliki saat ini untuk mendukung Ukraina adalah dengan membujuk RRT agar berhenti membantu Rusia membangun kembali basis industri militernya,” lanjut pejabat tersebut, merujuk pada Republik Rakyat China. 

Rusia panggil Dubes Perancis

Rusia pada Jumat memanggil duta besar Perancis untuk Moskwa menyusul komentar “tidak dapat diterima” dari Menteri Luar Negeri Perancis Stephane Sejourne.

Sejourne pada hari Senin mengatakan bahwa Perancis tidak tertarik untuk berbicara dengan Kremlin, beberapa hari setelah percakapan telepon antara menteri pertahanan Rusia dan Perancis berakhir dengan perbedaan pendapat.

"Duta Besar Perancis Pierre Levy diberi tahu tentang sifat pernyataan tersebut yang tidak dapat diterima, dan tidak ada hubungannya dengan kenyataan,” kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

Pilot pesawat tempur Ukraina berlatih di Perancis 

Pilot pesawat tempur Ukraina masa depan yang kemungkinan akan menerbangkan pesawat F-16 Amerika menerima pelatihan awal di Perancis selatan bersama Angkatan Udara Perancis.

Hal itu diungkap oleh Menteri Pertahanan Perancis, Sebastien Lecornu, dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Ouest France pada Jumat.

"Para pilot menerima pelatihan umum tentang Alpha Jet (pesawat militer Perancis-Jerman), yang memungkinkan pilot Ukraina memperoleh dasar-dasar menerbangkan jet tempur,” kata Sebastien Lecornu.

Negara-negara lain termasuk Belanda, Denmark, dan Romania berupaya membantu Ukraina melatih pilot F-16 menyusul lampu hijau yang diberikan oleh Amerika Serikat. 

AS umumkan larangan impor logam asal Rusia

Departemen Keuangan AS pada Jumat mengumumkan, telah melarang impor produk logam asal Rusia, dalam upaya untuk menargetkan sumber pendapatan penting setelah invasi Rusia ke Ukraina pada 2022.

“Tindakan baru ini melarang impor aluminium, tembaga, dan nikel asal Rusia ke Amerika Serikat dan membatasi penggunaan logam-logam tersebut di bursa logam global dan dalam perdagangan derivatif yang dijual bebas," kata Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataaan.

https://www.kompas.com/global/read/2024/04/13/102600370/rangkuman-hari-ke-779-serangan-rusia-ke-ukraina--as-larang-impor-produk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke