Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel: Kami Bahu-membahu dengan AS Hadapi Ancaman Iran

Kompas.com - 13/04/2024, 08:26 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

TEL AVIV, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada Jumat (12/4/2024) mengatakan, Israel dan Amerika Serikat akan bahu-membahu dalam menghadapi ancaman dari Iran.

Ia mengatakan hal tersebut setelah melakukan pembicaraan dengan kepala Komando Pusat AS Michael Kurilla.

Keduanya termasuk membahas ancaman serangan balasan Iran atas serangan udara terhadap konsulat Iran di Damaskus, Suriah yang secara luas dituduhkan kepada Israel.

Baca juga: Saat Israel Berada di Ambang Serangan Balasan Iran...

"Musuh-musuh kami berpikir bahwa mereka dapat memisahkan Israel dan Amerika Serikat, namun yang terjadi justru sebaliknya, mereka menyatukan dan memperkuat hubungan kami," kata Gallant,

"Kami berdiri bahu-membahu. Kami siap untuk mempertahankan diri di darat dan di udara, dalam kerja sama yang erat dengan mitra kami, dan kami akan tahu bagaimana menanggapinya," tambahnya, dikutip dari AFP.

Kekhawatiran bahwa Iran akan segera melancarkan serangan balasan telahh mendorong India, Polandia, Perancis, dan Rusia untuk merekomendasikan warganya menghindari bepergian ke Israel.

Israel mengatakan bahwa pihaknya telah memperkuat pertahanan udaranya dan menghentikan sementara cuti bagi unit-unit tempurnya menyusul serangan udara pada 1 April yang menewaskan tujuh anggota Garda Revolusi Iran, dua di antaranya adalah jenderal.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir-Abdollahian, pada Kamis (11/4/2024) mengatakan Iran merasa tidak memiliki pilihan selain menanggapi serangan mematikan terhadap misi diplomatiknya setelah Dewan Keamanan (DK) PBB gagal untuk mengambil tindakan.

Baca juga:

Presiden AS Joe Biden mengatakan pada Rabu (10/4/2024), bahwa Iran mengancam akan melancarkan serangan yang signifikan terhadap Israel dan menjanjikan dukungan "kuat" untuk sekutu regional utamanya meskipun ada ketegangan diplomatik atas perilaku Israel dalam perang Gaza.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com