Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-777 Serangan Rusia ke Ukraina: AS Jual Alat Militer | Jadwal KTT di Swiss

Kompas.com - 11/04/2024, 13:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP,Reuters

KOMPAS.com - Perang Rusia-Ukraina memasuki hari ke-777 pada Rabu (10/4/2024), ditandai dengan kesepakatan Amerika Serikat menjual peralatan militer ke Ukraina.

Sementara itu, KTT perdamaian perang Rusia-Ukraina akan digelar di Swiss pada 16-17 Juni 2024.

Berikut adalah rangkuman perang Ukraina-Rusia terkini.

Baca juga: Rusia Serang 80 Persen Pembangkit Listrik di Ukraina

1. AS akan jual peralatan militer ke Ukraina

Amerika Serikat setuju menjual peralatan militer krusial senilai 138 juta dollar AS (Rp 2,2 triliun) ke Ukraina untuk memperbaiki dan meningkatkan sistem rudal HAWK-nya.

Pertahanan udara Ukraina, yang sebagian besar terdiri dari pesawat dan sistem rudal era Soviet ketika Rusia menginvasi pada Februari 2022, ditingkatkan secara signifikan dengan peralatan dan bantuan AS sejak awal perang.

Washington telah memberi Ukraina beberapa sistem pertahanan udara canggih untuk membantu melawan serangan udara Rusia, termasuk rudal Patriot buatan AS dan peralatan lama seperti HAWK.

Baca selengkapnya di sini.

2. Swiss akan jadi tuan rumah KTT perdamaian

Pemerintah Swiss pada Rabu (10/4/2024) mengumumkan, akan menjadi tuan rumah konferensi perdamaian tingkat tinggi untuk perang Rusia-Ukraina pada pertengahan Juni 2024.

Konferensi ini dijadwalkan berlangsung di resor mewah Burgenstock, dekat pusat kota Lucerne, pada 15-16 Juni 2024 dan akan dipandu oleh Presiden Swiss Viola Amherd.

“Ini langkah pertama dalam proses menuju perdamaian abadi,” kata Amherd kepada wartawan di Bern, dikutip dari kantor berita AFP.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Zelensky Sebut Ukraina Akan Kalah Perang jika Kongres AS Tahan Bantuan

3. Biden akan hadiri KTT perdamaian perang Rusia-Ukraina

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diperkirakan akan menghadiri konferensi perdamaian tingkat tinggi untuk perang Rusia-Ukraina, yang akan diadakan di Swiss pada pertengahan Juni 2024.

Kantor berita AFP pada Rabu (10/4/2024) melaporkan, tanggal konferensi belum ditetapkan, tetapi beberapa media menyebutkan tanggal 16-17 Juni.

Undangan belum dikirim, tetapi surat kabar harian NZZ mengutip sumber yang mengatakan bahwa Biden akan hadir bersama perwakilan penting dari puluhan negara.

Baca selengkapnya di sini.

4. Rusia gencarkan serangan di Ukraina selatan dan utara

Pasukan Rusia melancarkan serangan mematikan terhadap sasaran yang sering terjadi di selatan dan utara Ukraina, di wilayah Kharkiv dan Odessa, menewaskan tujuh orang dan melukai lebih banyak lagi.

Di distrik Odessa di selatan, serangan rudal pada sore hari menewaskan empat orang, termasuk seorang anak perempuan berusia 10 tahun, dan melukai 14 lainnya, kata Gubernur daerah Oleg Kiper.

Menulis di aplikasi pesan Telegram, Kiper mengatakan bahwa empat orang yang terluka berada dalam kondisi serius dan para dokter berjuang menyelamatkan nyawa, termasuk seorang pria yang diamputasi kakinya.

Baca selengkapnya di sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com