Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Inggris Batal Selidiki Badan Amal Raja Charles III

Kompas.com - 23/08/2023, 20:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber DW

LONDON, KOMPAS.com - Polisi Inggris membatalkan penyelidikan selama 18 bulan ke salah satu badan amal Raja Charles III, setelah laporan media menyatakan bahwa seorang pengusaha Saudi ditawari penghargaan setelah memberikan sumbangan ke badan amal tersebut.

Polisi Metropolitan London meluncurkan penyelidikan mereka terhadap The Prince's Foundation pada Februari 2022.

Ini terjadi setelah Sunday Times melaporkan penghargaan pengusaha Saudi dan hubungannya dengan sumbangannya terhadap proyek-proyek yang didukung oleh Charles, yang saat itu masih seorang pangeran.

Baca juga: Leslie Van Houten, Pengikut Pembunuh Legendaris Charles Manson, Dibebaskan

"Setelah mempertimbangkan dengan hati-hati informasi yang diterima sebagai hasil penyelidikan hingga saat ini, kami telah menyimpulkan bahwa tidak ada tindakan lebih lanjut yang akan diambil dalam masalah ini," tulis pernyataan mereka, dilansir dari DW.

Pada tahun 2021, media Inggris menuduh bahwa orang-orang yang terkait dengan Charles' Prince's Foundation menawarkan untuk membantu seorang miliarder Saudi mendapatkan kehormatan dan kewarganegaraan dengan imbalan sumbangan.

Pria itu, taipan Mahfouz Marei Mubarak bin Mahfouz, telah menyumbangkan sejumlah besar uang untuk proyek restorasi yang menarik bagi Charles.

Kepala yayasan, Michael Fawcett, mengundurkan diri tak lama kemudian, setelah penyelidikan internal atas tuduhan tersebut.

Dalam pernyataan mereka mengumumkan keputusan untuk membatalkan penyelidikan, Polisi Metropolitan London mengutip penyelidikan panjang dan menyeluruh yang menurut mereka termasuk meninjau sekitar 200 dokumen.

Polisi juga menghubungi mereka yang diyakini memiliki informasi relevan, termasuk The Prince's Foundation, dan organisasi media yang merujuk dokumen tertentu dalam pelaporannya.

"Jika ada informasi atau bukti baru terungkap yang memerlukan penilaian lebih lanjut, ini akan dilakukan oleh kami," kata polisi, mengacu pada Tim Penyelidikan Khususnya. "Tidak ada seorang pun yang ditangkap atau didakwa selama penyelidikan ini."

Baca juga: Penobatan Charles III dan Relevansinya bagi Relasi Indonesia-Inggris

Charles mendirikan The Prince's Fund pada tahun 1970-an untuk membantu kaum muda yang rentan mendapatkan kembali kehidupan mereka, membantu hal-hal seperti mencari pekerjaan.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa badan amal raja berada di bawah pengawasan ketat, dan menghadapi tuduhan menerima sumbangan dari tokoh-tokoh yang meragukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com