Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Mungkin Pakai Wagner untuk Serang NATO Lewat Polandia

Kompas.com - 25/07/2023, 13:58 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia mungkin akan memulai agresi hibrida terhadap NATO, menggunakan tentara bayaran dari Grup Wagner.

Ini disampaikan penasihat Kantor Kepresidenan Mykhailo Podolyak di Twitter pada 22 Juli.

Dia secara khusus menunjuk wilayah perbatasan Polandia dan negara-negara Baltik yang terancam.

Baca juga: Menlu AS Peringatkan Bos Wagner: Tetaplah Hati-hati dengan Putin

Dilansir dari Yahoo News, cuitan Podolyak menyoroti bahwa tindakan semacam itu akan sejalan dengan strategi Rusia untuk meningkatkan taruhan dan memberikan tekanan pada sekutu NATO.

Tujuan dari agresi ini adalah untuk mempengaruhi dukungan yang diberikan kepada Ukraina oleh negara-negara anggota aliansi.

Podolyak menekankan bahwa pesawat tempur Wagner kemungkinan akan menargetkan wilayah perbatasan tertentu di Polandia dan negara-negara Baltik, karena mereka tidak mungkin berdiam diri di kamp-kamp tenda mereka di Belarusia.

Dia menekankan bahwa tentara bayaran membutuhkan keterlibatan reguler dalam operasi tempur dan mencari aliran keuangan yang menguntungkan.

Menyusup ke perbatasan Ukraina dengan kelompok pengintaian dan sabotase menghadirkan tantangan karena perbatasan itu dibentengi dengan baik.

Podolyak secara khusus menunjukkan Celah Suwalki, bentangan perbatasan sepanjang 100 kilometer antara Polandia dan Lituania, sebagai wilayah yang menggoda bagi para calon penjajah Rusia.

Dia menyatakan keraguannya akan kemampuan NATO untuk secara efektif melawan tentara bayaran Wagner.

Baca juga: AS Tegaskan Wagner Tak Lagi Bertempur di Ukraina

"Kesediaan negara-negara NATO untuk melawan kelompok bersenjata saat ini masih belum jelas, dan ketidakpastian ini dianggap Rusia sebagai kelemahan, yang memicu provokasi," tegasnya.

Podolyak percaya bahwa perdamaian di Eropa dapat dicapai dengan memberikan senjata kepada Ukraina untuk mengusir penjajah Rusia.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-512 Serangan Rusia ke Ukraina: Wagner Latih Pasukan Belarus, Rusia-China Latihan di Laut Jepang

"Sementara Eropa Timur sudah memahami hal ini dengan baik, perlu untuk mengingatkan ibu kota lain yang lebih jauh dari Rusia lebih sering," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com