Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Beri Penghargaan untuk Pilot Jet Tempur yang Jatuhkan Drone AS

Kompas.com - 18/03/2023, 13:15 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Rusia pada Jumat (17/3/2023) memberikan penghargaan untuk pilot jet tempur Sukhoi yang disebut menjatuhkan drone Amerika Serikat (AS) di Laut Hitam.

Washington pada Kamis (16/3/2023) merilis video yang mereka sebut jet tempur Rusia tabrak drone MQ-9 Reaper.

Namun, Moskwa bersikeras bahwa drone tersebut jatuh sendiri karena hilang kendali.

Baca juga: Video Detik-detik Kecelakaan Drone AS dengan Jet Tempur Rusia Dirilis Pentagon

Konfrontasi tersebut meningkatkan ketegangan antara Moskwa dan Washington, yang memicu panggilan telepon langka antara pejabat senior militer AS dan Rusia.

“Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memberikan penghargaan negara kepada pilot Su-27 yang mencegah pesawat tak berawak MQ-9 Amerika melanggar wilayah udara sementara (Rusia),” kata Kemenhan Rusia, dikutip dari kantor berita AFP.

Moskwa mengatakan, pihaknya menetapkan pembatasan wilayah udara di Laut Hitam sebagai bagian dari intervensi militernya di Ukraina sesuai norma internasional.

Baca juga:

Masih pada Jumat (17/3/2023), Moskwa menegaskan kembali bahwa pilot "tidak menggunakan senjata di dalam pesawat, tidak melakukan kontak dengan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) dan dengan aman kembali ke lapangan terbang asal mereka."

Moskwa juga mengulangi bahwa drone itu jatuh "akibat manuver tajam sekitar pukul 9.30 waktu Moskwa."

Amerika Serikat menggunakan drone MQ-9 untuk pengawasan dan serangan, serta sudah lama beroperasi di Laut Hitam untuk mengawasi pasukan Angkatan Laut Rusia.

Washington menyatakan, setelah insiden jet tempur Rusia tabrak drone pihaknya akan terus menerbangkan dan mengoperasikan benda terbang di mana pun hukum internasional mengizinkan.

Baca juga: Rusia Sebut Insiden Drone di Laut Hitam sebagai Provokasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com