Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkuman Hari Ke-287 Serangan Rusia ke Ukraina, Lagi Serangan Jauh di Dalam Rusia, Prospek Perundingan Buntu

Kompas.com - 08/12/2022, 07:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

KYIV, KOMPAS.com - Serangan Rusia ke Ukraina memasuki hari ke-287 dengan serangan drone dan rudal Moskwa dilaporkan menargetkan dua desa dalam semalam menurut Gubernur daerah Zaporizhzhia Oleksandr Starukh di Telegram.

Seorang gadis berusia 15 tahun dan dua orang lainnya dilaporkan terluka akibat serangan itu.

The Guardian yang melaporkan berita ini pada Rabu (7/12/2022) belum bisa memverifikasi laporan tersebut secara independen.

Kecelakaan lalu lintas di wilayah Donetsk Ukraina timur yang diduduki sementara telah menyebabkan 16 orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka, menurut seorang pejabat dan media pemerintah yang didukung Rusia.

Kecelakaan yang terjadi antara Torez dan Shakhtarsk itu melibatkan minibus dan truk, yang penumpangnya termasuk tentara, kata layanan darurat kepada kantor berita Rusia TASS.


Berikut kami rangkuman peristiwa penting lainnya di Ukraina hari ini:

Baca juga: Presiden Ukraina Zelensky Terpilih Jadi Person of the Year 2022 Majalah TIME

Serangan jauh di dalam Rusia

Serangan pesawat tak berawak membuat tangki penyimpanan minyak terbakar di sebuah lapangan terbang di Kursk, kata gubernur wilayah Rusia, Roman Starovoyt.

Rekaman video yang diunggah di media sosial menunjukkan ledakan besar menerangi langit malam diikuti dengan kebakaran besar di lapangan terbang 280 kilometer dari perbatasan Ukraina.

Serangan pesawat tak berawak itu terjadi sehari setelah Ukraina tampaknya melancarkan serangan terhadap dua lapangan terbang militer jauh di dalam wilayah Rusia.

Salah satu serangan menghantam lapangan terbang utama Engels di wilayah Saratov, tempat Rusia menyimpan beberapa pembom nuklir strategisnya.

Bagi Kyiv, serangan tersebut merupakan operasi yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengganggu strategi Kremlin, yang mencoba melumpuhkan jaringan listrik Ukraina yang memicu bencana kemanusiaan di negara yang berada di ambang musim dingin.

Baca juga: Lapangan Udara Ketiga Rusia Diserang, Ukraina Disebut Tunjukkan Kemampuan Serangan di Dalam Rusia

Kremlin mengatakan Vladimir Putin bertemu pejabat senior pada Selasa (6/12/2022) untuk membahas "keamanan domestik." Langkah-langkah yang "diperlukan" telah diambil untuk menangkis lebih banyak serangan Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pihaknya tidak "membuat” Ukraina mampu melakukan serangan di dalam Rusia, menyinggung serangan di Rusia jauh dari perbatasan Ukraina.

Kyiv tidak secara langsung mengklaim bertanggung jawab tetapi juga tidak mengkritik tindakan tersebut. Tiga orang tewas, pembom jarak jauh dan depot bahan bakar rusak, menurut laporan dari Rusia terkait serangan dalam teritorialnya.

Komitmen bantuan untuk Ukraina

Kremlin mengatakan RUU pengeluaran bantuan militer AS yang menyediakan 800 juta dollar AS (Rp 12,4 triliun) ke Ukraina yang disetujui oleh anggota parlemen AS pada Selasa (6/12/2022) adalah "provokasi terhadap negara kita."

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com