Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Narapidana dengan Hukuman Seumur Hidup Melarikan Diri Usai Tikam Pengemudi Bus Penjara

Kompas.com - 14/05/2022, 15:02 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Guardian

TEXAS, KOMPAS.com - Seorang terpidana pembunuhan yang menjalani hukuman penjara seumur hidup di Texas menikam seorang sopir bus transportasi dan melarikan diri Kamis, dan memicu perburuan yang berlangsung lebih dari sehari kemudian.

Pelarian itu terjadi ketika petugas mengirim Gonzalo Lopez, 46 tahun, dan narapidana lainnya melalui daerah pedesaan antara Houston dan Dallas sekitar pukul 13.20 waktu setempat.

Baca juga: Nathuram Godse, Misteri Konspirasi Pembunuh Mahatma Gandhi

“Lopez entah bagaimana terlepas dari borgolnya, menggunakan benda tajam untuk menikam pengemudi di tangan, dan menerjang pistol petugas yang terluka,” kata Robert Hurst dari departemen peradilan pidana Texas sebagaimana dilansir Guardian pada Jumat (13/5/2022).

Pengemudi itu menghalangi Lopez untuk mengambil pistol, tetapi tidak dapat menghentikannya untuk melompat keluar dari bus, kata Hurst.

Penjaga kedua di dalam bus menembakkan pistol ke Lopez, tetapi tidak jelas apakah ada peluru yang mengenai tahanan itu. Terpidana terakhir terlihat melarikan diri melintasi padang rumput di dekatnya.

Lima belas tahanan lain di dalam bus tidak berusaha kabur, Hurst menambahkan. Hurst juga mengatakan penikaman penjaga yang terluka tidak dianggap mengancam jiwa.

Lopez tetap buron pada Jumat sore (15/5/2022), lebih dari sehari kemudian.

Pihak berwenang secara terbuka menawarkan 15.000 dollar AS (Rp 219 juta), untuk informasi yang mengarah pada penangkapannya.

Baca juga: Terobsesi Pembunuh Berantai, Wanita Ini Tato Tubuhnya dengan Wajah dan Kutipan Pembunuh

Lebih dari 300 petugas penegak hukum dari badan-badan lokal, negara bagian dan federal menjelajahi daerah sekitar komunitas Centerville untuk mencari tanda-tanda Lopez.

Penyelidik menduga dia bersembunyi di salah satu dasar sungai atau semak belukar di wilayah yang kering dan panas, menurut untuk Hurst. Awak pesawat dikerahkan untuk membantu upaya pencarian.

Lopez dihukum untuk menjalani sisa hidupnya di penjara, setelah dia menembak seorang wakil kantor sheriff pada 2004.

Dia juga membunuh seorang pria dengan kapak setelah menahannya untuk uang tebusan atas kesepakatan narkoba di dekat perbatasan Texas dengan Meksiko, menurut para pejabat .

Baru-baru ini, Lopez ditempatkan di fasilitas pemasyarakatan di Gatesville, lebih dari 100 mil dari tempat yang manjadi fokus pencarian Lopez.

Baca juga: Biden Sebut Pembunuhan di Ukraina Kejahatan Perang, Korea Utara: Situ Pikun?

"Saya tidak habis-habisnya memperingatkan betapa berbahayanya orang ini," kata Hurst kepada media yang berkumpul di dekat perimeter pencarian Jumat (13/5/2022).

Pelarian Lopez memunculkan perbandingan dengan beberapa kasus 2019 yang juga di Texas, di mana seorang petarung seni bela diri campuran, yang dituduh membunuh dua orang, melarikan diri dari sebuah van transportasi narapidana.

Pihak berwenang saat itu mengatakan mereka akhirnya menangkap pelarian itu, Cedric "Spiderman" Marks, sembilan jam kemudian karena dia gagal bersembunyi di tempat sampah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com