Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Seperti di Film", Cerita Petugas Bandara Bantu Penumpang Daratkan Pesawat Saat Pilot Pingsan

Kompas.com - 14/05/2022, 13:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Sky News

FORT PIERCE, KOMPAS.com - Seorang petugas pengendali lalu lintas udara di bandara Florida, Amerika Serikat, menceritakan momen ketika membantu penumpang tanpa pengalaman terbang mendaratkan pesawat saat pilot pingsan.

Penumpang awalnya mengirimkan permohonan bantuan mendesak di lepas pantai Atlantik Florida pada Selasa (10/5/2022). Ia akhirnya dapat mendaratkan pesawat dengan aman berkat bantuan petugas Robert Morgan.

Pengendali lalu lintas udara yang berpengalaman 20 tahun mengatakan dalam video yang dirilis Badan Penerbangan Federal (FAA), dia hanya melakukan pekerjaan seperti biasa, tetapi pada tingkat yang lebih tinggi daripada yang dia pikir.

Baca juga: Seorang Penumpang Tanpa Pengalaman Terbang Mendaratkan Pesawat Setelah Pilot Pingsan

"Kami tidak pernah mengalami hal seperti itu. Aku merasa seperti berada di film," ungkapnya dikutip dari Sky News, Kamis (12/4/2022).

Pesawat itu diisi oleh pilot dan dua penumpang, menurut rilis berita FAA. Para petugas belum mengidentifikasi satu pun dari mereka.

Menurut Flight Aware, pesawat itu lepas landas dari Bandara Internasional Marsh Harbour di Bahama.

Petugas penyelamat kemudian menyelamatkan pilot asli, tambah para petugas. Tidak ada penumpang yang terluka dan petugas belum mengungkap apa yang menyebabkan pilot pingsan.

Dalam audio langsung dari panggilan yang dilakukan ke kontrol lalu lintas udara di Fort Pierce Tower, pria yang mendaratkan pesawat itu berkata: "Saya menghadapi situasi serius di sini."

"Pilot saya tidak sadarkan diri. Saya tidak tahu bagaimana menerbangkan pesawat, tetapi saya mempertahankan pada 9100," kata pria itu.

Pengontrol lalu lintas udara di Fort Pierce kemudian menanyakan apakah dia tahu posisi pesawat Cessna 208 bermesin tunggal itu.

Baca juga:

Petugas operator meminta penumpang itu untuk mempertahankan ketinggian sayap dan mencoba mengikuti pantai, baik utara atau selatan, saat mereka berupaya menemukan pesawat.

Cessna 208 memiliki kontrol ganda, sehingga dapat dikemudikan dari kursi penumpang.

Beberapa menit kemudian pengendali dapat menemukan pesawat, yang saat itu sedang menuju utara di atas Boca Raton.

Suara penumpang pria itu tampak memudar, sehingga pengontrol di Fort Pierce meminta nomor ponselnya agar petugas di Bandara Internasional Palm Beach Florida dapat berkomunikasi dengannya lebih jelas.

Saat itulah Morgan mengambil alih, berbicara ke penumpang mengenai cara pendaratan yang aman.

Morgan adalah instruktur penerbangan bersertifikat dengan pengalaman mengemudikan pesawat Cessna, kata FAA.

Baca juga: Jam Kerja Sudah Habis, Pilot Ini Menolak Terbang Lagi Setelah Pesawat Mendarat Darurat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com