Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Biden Dukung Palestina Merdeka dalam Sidang Umum PBB

Kompas.com - 23/09/2021, 07:15 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mendukung Palestina merdeka dalam pidatonya di Sidang Umum PBB, Selasa (21/9/2021).

Biden menuturkan, Palestina merdeka justru merupakan jalan terbaik untuk memastikan masa depan Israel.

“Kita harus mencari masa depan perdamaian dan keamanan yang lebih besar bagi semua orang di Timur Tengah,” kata Biden dalam Sidang Umum PBB di New York, AS.

Baca juga: Raja Salman Berpidato dalam Sidang Umum PBB, Dukung Denuklirisasi Iran

Dia menambahkan, solusi dua negara atas konflik Israel-Palestina adalah cara terbaik untuk memastikan masa depan Israel.

“Hidup dalam damai bersama negara Palestina yang layak, berdaulat, dan demokratis,” ujar Biden sebagaimana dilansir Arab News.

“Kita masih jauh dari tujuan itu saat ini, tetapi kita tidak boleh membiarkan diri kita menyerah pada kemungkinan kemajuan,” imbuh Biden.

Baca juga: Lewat Sidang Umum PBB 2021, Iran Ingin Pembicaraan Nuklir Dilanjutkan

Nuklir Iran

Selain angkat suara soal konflik Israel-Palestina Biden juga mengulangi janjinya untuk kembali ke kesepakatan nuklir 2015 guna mengekang program nuklir Iran.

Pada April, Iran dan AS sebenarnya memulai pembicaraan tidak langsung yang membahas kesepakatan nuklir 2015 di Wina.

Tetapi pembicaraan itu terhenti dua hari setelah Ebrahim Raisi terpilih sebagai Presiden Iran pada Juni sebagaimana dilansir Reuters.

Berpidato setelah Biden, Raisi melalui video mengungkapkan keinginannya agar pembicaraan nuklir dengan kekuatan dunia guna mengarah pada penghapusan sanksi AS dilanjutkan.

Baca juga: Menkes Brasil Positif Covid-19 Setelah Dampingi Presiden Bolsonaro dalam Sidang Umum PBB

“Republik Islam (Iran) menganggap pembicaraan bermanfaat yang hasil akhirnya adalah pencabutan semua sanksi (AS) yang menindas,” kata Raisi.

Dia menambahkan, penindasan dari AS terhadap Iran masih berlangsung dan Teheran tidak menginginkan apa pun selain apa yang menjadi hak mereka.

“Semua pihak harus tetap setia pada kesepakatan nuklir dan Resolusi PBB dalam praktiknya,” tutur Raisi.

Para pejabat Iran dan Barat mengatakan masih banyak masalah yang harus diselesaikan sebelum kesepakatan nuklir 2015 dapat dihidupkan kembali.

Baca juga: Sidang Umum Ke-76 PBB: Korsel Minta Deklarasi Berakhirnya Perang Korea

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com