Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Mekanik di Korea Selatan Tewas Terjebak di Mesin

Kompas.com - 11/01/2021, 20:12 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber Yonhap

SEOUL, KOMPAS.com - Seorang pekerja mekanik untuk perusahaan penyimpanan batu bara di kompleks industri nasional Yeosu, Korea Selatan dilaporkan meninggal dunia setelah tubuhnya terjebak di sebuah mesin.

Kabar duka itu dilaporkan oleh pihak berwenang pada Senin (11/1/2021), dikutip dari Yonhap.

Menurut Stasiun Pemadam Kebakaran Yeosu, mekanik berusia 33 tahun itu tertangkap dalam sebuah mesin yang biasa digunakan untuk mengangkut batu bara.

Baca juga: Gas Karbon Monoksida Bocor di Tambang Batu Bara China, 18 Orang Tewas

Perusahaan tempat mekanik itu bekerja terletak di kota Provinsi Jeolla Selatan, sekitar 455 kilometer arah selatan kota Seoul. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 19:55 malam waktu setempat, pada Minggu.

Dia dikeluarkan dari mesin pada pukul 10:32 malam oleh petugas penyelamat yang dikirim ke tempat kejadian.

Pekerja yang terluka parah itu lalu dibawa ke rumah sakit terdekat karena serangan jantung dan meninggal di sana sekitar pukul 11:42 malam waktu setempat.

Baca juga: Cerita Sukardi, Lumpuh karena Kecelakaan Kerja, Kini Buat Produk Kreatif dari Bambu

Kecelakaan tersebut dilaporkan terjadi saat dia sedang memeriksa mesin bersama pekerja lain, yang awalnya melaporkan keadaan darurat ke perusahaan.

Polisi dan otoritas ketenagakerjaan sedang menyelidiki peristiwa sebenarnya dari kecelakaan itu dan mencari tahu apakah telah terjadi pelanggaran pedoman keselamatan.

Pada 2018, pekerja kontraktor lain berusia sekitar 40 tahun meninggal di perusahaan yang sama karena jatuh setinggi tiga meter dari konveyor.

Baca juga: Tekan Potensi Kecelakaan, Pahami Titik Buta pada Truk

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com