Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Australia Memasuki Musim Durian: Baunya Sudah Tercium

Kompas.com - 16/11/2020, 16:54 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

KOMPAS.com - Perkebunan durian terbesar di Australia yang terletak di pinggiran kota Darwin mulai sibuk memanen si raja buah untuk dipasarkan ke berbagai kota. Hasil produksinya meningkat dibanding tahun lalu.

Pemilik perkebunan, Han Shiong Siah, mengatakan panen tahun ini empat kali lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

"Jika Anda bisa mencium bau durian dari gerbang depan, itu pertanda baik," kata Han Shiong ketika ABC berkunjung ke perkebunannya.

"Buah kami semuanya matang di pohon. Setiap pagi kami kumpulkan buah yang jatuh ke tanah. Baunya harum dan sudah siap untuk dipanen," ujarnya.

Di negara-negara Asia seperti Indonesia, durian dianggap sebagai raja buah.

Baca juga: Masjid di Australia Buka Lagi Setelah 8 Bulan Tutup karena Covid-19

Namun baunya yang menyengat tidak disukai oleh semua orang, sehingga di beberapa negara bagian Australia, buah ini dilarang untuk dibawa di transportasi umum dan di hotel.

Han Shiong mengatakan setelah musim kemarau ringan kemarin, perkebunan durian milik keluarganya kini menikmati hasil panen yang baik.

"Hasilnya terlihat jauh lebih baik tahun ini. Kami mengharapkan sekitar 20 ton buah padahal tahun lalu hanya 5 ton," katanya.

Dia menjelaskan hasil panen pertama musim ini telah dikirim ke Sydney dan Melbourne. Bahkan untuk pertama kalinya, durian dari kebun ini juga telah dikirim Perth.

Baca juga: Merek Fesyen Perancis, Hermes, Akan Bangun Peternakan Buaya Terbesar di Australia

Laku di Australia Barat

Menurut Cameron Perna, manajer penjualan buah tropis dan eksotis Mercer Mooney di Perth, kedatangan durian dari Northern Territory (NT) merupakan momen besar bagi perusahaannya.

"Awalnya mengkhawatirkan. Kami mendapat 800 kilogram pasokan durian dalam satu kali pengiriman. Kami berpikir apakah ini akan laku?" ujar Cameron.

"Ternyata kami hanya butuh tiga hari untuk menjual semuanya. Paket pertama dari NT tiba pada hari Senin dan pada hari Kamis semuanya sudah habis. Luar biasa," katanya.

Dia mengatakan Canning Vale Markets sebelumnya membeli durian dari Queensland tetapi belum pernah dari NT. Volumenya pun tidak pernah dalam jumlah yang besar.

"Ini rekor buat Australia Barat. Kami biasanya mendapatkan 200–300 kilogram dari Queensland, yang dikirimkan ke sini melalui pengiriman udara," kata Cameron.

"Semua orang di pasar ini sudah tahu bau buah itu sekarang. Mereka sengaja datang untuk mencarinya. Baunya justru menarik orang datang, bukan menghalangi mereka," imbuh Cameron.

Baca juga: Susu Unta akan Dikembangkan jadi Susu Formula Bayi di Australia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com