Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa: Pemulihan dari Covid-19 Harus demi Kebaikan Lingkungan

Kompas.com - 28/03/2020, 13:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

BRUSSELS, KOMPAS.com - Para pemimpin Uni Eropa sepakat, rencana pemulihan ekonomi dari wabah virus corona harus bertujuan untuk memerangi perubahan iklim.

Kesepakatan ini dilakukan dalam konferensi video 6 jam, yang dilakukan 27 pemimpin Uni Eropa pada Kamis malam (26/3/2020).

Meski rincian dari rencana ini belum dicantumkan, tapi sebuah pernyataan mengatakan telah ada kesepakatan untuk melakukan "transisi hijau".

Baca juga: Cegah Virus Corona, Begini Cara Sterilkan Kabin Mobil

Frasa "transisi hijau" dipakai Uni Eropa untuk menggambarkan tujuan mengurangi emisi yang membuat suhu bumi naik.

Komisi Eksekutif Uni Eropa meminta 27 negara anggotanya menghadiri pertemuan pada Juni, untuk membahas rencana pembuatan blok gas rumah kaca netral pada 2050.

Investor dan kelompok lingkungan kini mencari jaminan, bahwa ketika kejatuhan ekonomi akibat virus corona menyedot dana dan energi politik, Brussels tidak melupakan tujuan mencegah perubahan iklimnya.

Baca juga: Beasiswa S2 Prodi Agama dan Lintas Budaya UGM, IPK Mulai dari 2,5

Dilansir dari Reuters, Polandia telah memperingatkan pandemi Covid-19 akan membuat target iklim Uni Eropa lebih sulit dijangkau.

Koalisi global dari 300 lebih kelompok kampanye perubahan iklim, pada Kamis mendesak pemerintah untuk menggunakan paket penyelamatan ekonomi Covid-19, untuk mempercepat transisi ke masa depan rendah karbon.

"Pilihan yang dibuat sekarang akan membentuk masyarakat kita selama bertahun-tahun, jika tidak beberapa dekade yang akan datang," kata May Boeve, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Penangguhan Cicilan Kredit, OJK: Untuk Leasing Kami Sedang Finalisasi Produk Hukumnya

Boeve adalah direktur eksekutif 350.org, kelompok kampanye iklim global dari kampus-kampus perguruan tinggi AS.

Dengan pemerintah mengalirkan uang ke sektor perekonomian yang tak terlihat sejak Perang Dunia II, banyak politisi, ekonom, dan juru kampanye mengatakan langkah-langkah itu harus digunakan untuk menurunkan suhu bumi.

Di antaranya adalah mempercepat pergeseran dari batu bara, minyak, dan gas.

Baca juga: Hasil Belajar di Rumah, Murid SMK Demak Sumbang Masker Buatan Sendiri

Andrew Parry, kepala investasi berkelanjutan di Newton Investment Management, mengatakan bahwa pandemi Covid-19 menunjukkan pemerintah bisa bertindak sebagai respons terhadap krisis.

"Walaupun reaksi pihak berwenang benar dengan membatasi kejatuhan sosial dari krisis saat ini, tetap saja harus ada kesempatan untuk mengamankan masa depan yang lebih sehat dan lebih tangguh bagi lingkungan, yang tidak boleh dilewatkan," tegasnya.

Baca juga: Mengapa Isolasi dan Karantina Penting untuk Cegah Penyebaran Corona?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com