Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Makan Cokelat, Sumber Antioksidan yang Bikin Mood Bagus

Kompas.com - 12/02/2024, 17:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Cokelat yang berasal dari pohon kakao termasuk makanan yang serbaguna. Sebab, cokelat bisa disantap langsung, atau diolah kembali menjadi makanan dan minuman lainnya. 

"Kakao jelas baik untuk Anda, (namun) apakah cokelat baik untuk Anda atau tidak tergantung dari berapa banyak kakao di dalamnya dan apa saja yang ada di dalamnya," ucap ahli jantung dan profesor nutrisi di Tufts Friedman School of Nutrition Science and Policy, Dr. Dariush Mozaffarian, dikutip dari The New York Times, Senin (12/2/2024).

Baca juga: Resep Kue Cokelat Manis, Bikin Truffle Balur Meses buat Valentine

Ia menjelaskan bahwa biji kakao kaya serat dan fitonutrien. Sekitar 380 bahan kimia yang berbeda terkandung dalam kakao, termasuk senyawa bernama flavanol yang disebut bermanfaat bagi tubuh.

Secara garis besar, cokelat terdiri dari cokelat susu dan cokelat hitam. Selain rasa, persentase kandungan kakao di dalamnya pun berbeda. 

Cokelat susu, misalnya, umumnya mengandung 20-50 persen kakao, sedangkan cokelat hitam persentasenya lebih banyak yakni sekitar 70 persen kakao.

Mozaffarian menyarankan mengonsumsi cokelat hitam untuk memperoleh manfaat cokelat bagi kesehatan.

Meskipun disebut baik bagi kesehatan, mengonsumsi cokelat baiknya secukupnya. Pilihlah cokelat yang berkualitas berkadar gula rendah dan imbangi dengan pola hidup sehat.

Manfaat makan cokelat

1. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

Ilustrasi biji kakao.Dok. Unsplash/Leonard Asuque Ilustrasi biji kakao.

Flavanol disebut baik untuk kesehatan jantung. Dikutip dari Very Well Health, senyawa ini membantu meningkatkan aliran darah, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan.

Selain itu, senyawa dalam cokelat hitam juga dinilai protektif terhadap oksidasi kolesterol LDL, dilansir dari Healthline.

Dalam jangka panjang, hal tersebut bisa membuat lebih sedikit kolesterol yang mengendap di arteri, sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

Ada pula studi yang menunjukkan, makan 45 gram cokelat per minggu dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 11 persen. 

Namun, bukti lebih banyak tetap diperlukan guna memastikan bahwa cokelat mampu mengurangi risiko tersebut.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com