Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluncuran Pizza Nanas Picu Perdebatan Masyarakat Italia

Kompas.com - 18/01/2024, 09:31 WIB
Marsha Awang Lisba Siella,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

KOMPAS.com - Peluncuran pizza nanas memicu perdebatan di kalangan masyarakat Italia. Pizza tersebut dianggap sebagai penghinaan terhadap makanan khas Italia.

Italia memang memiliki aturan tidak tertulis yang dipatuhi oleh masyarakatnya, terutama dalam hal makanan.

Meskipun aturan tersebut tidak diberlakukan secara resmi, tetapi banyak orang Italia memegang teguh.

Baca juga:

Melansir CNN Travel, seorang pizzaiolo (pembuat pizza) terkenal dari Napoli, telah menambahkan pizza nanas ke dalam menunya di Via dei Tribunali, dan menjadi salah satu restoran pizza terbaik di dunia.

Pizza nanas buatan Gino Sorbillo berbeda dari pizza nanas biasa, pizza ini dibuat tanpa lapisan tomat, ditaburi keju, dan nanas yang dimasak dua kali untuk menghasilkan rasa karamel.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

Hidangan tersebut ia beri nama “Margherita con Ananas” dan dijual dengan harga Rp 118.000 (dalam rupiah).

“Saya perhatikan dalam beberapa tahun terakhir banyak orang yang mengutuk bahan-bahan atau cara menyiapkan makanan semata-mata karena di masa lalu, kebanyakan orang tidak mengetahuinya, jadi saya ingin memasukkan bahan-bahan yang diperlakukan ke dalam pizza Neapolitan, membuatnya lezat.” ungkap Gino Sorbillo, dikutip dari CNN Travel.

Pizza nanas memicu perdebatan

Peluncuran pizza nanas oleh Gino Sorbillo telah memicu reaksi dari sebagian besar orang Italia.

Gino Sorbillo mengatakan bahwa peluncuran pizza nanas miliknya telah memulai "kegaduhan" di media sosial.

Baca juga: Apa Itu Pizza Neapolitan dan Bedanya dengan Pizza Lain?

Pizza nanas miliknya juga dibahas di TV nasional, dan banyak orang Italia yang mempertanyakan keputusannya untuk menambahkan nanas ke dalam pizza.

“Sebelum saya meluncurkannya di media sosial, saya memasukkannya ke dalam menu tanpa mengatakan apapun selama beberapa minggu, dan banyak orang yang memesannya, bahkan orang Neapolitan,” katanya.

Ilustrasi Pizza  Dok. Pexels/ Cats Coming Ilustrasi Pizza

“Tetapi Italia terpecah belah mengenai hal ini. Dan bukan hanya Italia. Ada banyak argumen yang terbuka tentang hal itu. Saya pikir orang-orang pada umumnya tidak penasaran. Mereka tidak percaya pada hal lain.” ujarnya.

Gino Sorbillo menganggap bahwa nanas di atas pizza tidak berbeda dengan topping pizzaioli lainnya dan lebih berani digunakan dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Kenapa Pizza yang Dimasak Pakai Oven Khusus Pizza Lebih Enak?

Ia berpikir bahwa nenek moyang pizzaiolo-nya "akan bingung" dengan kreasi nanas buatannya. Namun dia menambahkan, bahwa semua harus dicicipi terlebih dahulu

"Di masa lalu, bahkan ham atau arugula pun tidak pernah digunakan di atas pizza. Sekarang sudah menjadi hal yang normal." ungkapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com